Pemerintah Sebut Pembagunan Infrastruktur Utama di IKN Sudah Rampung

Agustiyanti
6 September 2024, 13:16
IKN, IKN nusantara
ANTARA FOTO/Fauzan/wpa.
Sejumlah warga berjalan usai mengikuti upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI tersebut mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju.
Button AI Summarize

Pemerintah memastikan seluruh pembangunan infrastruktur utama kawasan inti pemerintah di Ibu Kota Nusantara atau IKN telah rampung.  Infratruktur tersebut mencakup istana negara, perkantoran, rumah susun rusun aparatur sipil negara atau ASN, jalan tol, jembatan, bendungan sumber air batu dan sejumlah fasilitas lainnya.

"Sejauh ini pembangunan infrastruktur utama Kota Nusantara sudah diselesaikan," ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara Danis Hidayat Sumadilaga di Penajam, Jumat (6/9), seperti dikutip dari Antara. 

Pembangunan seluruh infrastruktur tersebut merupakan bagian dari tahap pertama pembangunan ibu kota baru Indonesia. Ia menyebut, terdapat lima tahap pembangunan Kota Nusantara yang direncanakan.

Tahap pertama pada 2022-2024 adalah pembangunan infrastruktur dasar, seperti infrastruktur penyediaan air minum, ketenagalistrikan, teknologi informasi komunikasi, serta pengelolaan persampahan dan air limbah untuk penduduk pertama.Selain itu, pemerintah juga dilakukan pembangunan sarana utama antara lain istana kepresidenan, perkantoran dan perumahan di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), dan penginapan sektor ekonomi prioritas.

Tahap kedua pada 2025-2029 merupakan pembangunan ibu kota baru Indonesia sebagai area inti. Pada pembangunan tahapan kedua ini, diharapkan fasilitas transportasi umum sudah dapat digunakan. Pembanbunan juga mencakup perluasan kawasan permukiman ASN, TNI dan Polri dan perkantoran pemerintahan pusat.

"Ada juga pengembangan riset dan talenta, serta universitas unggulan, pembangunan lanjutan dan pemeliharaan infrastruktur dasar" kayanya.

Pembangunan dilanjutkan lebih progresif di tahap ketiga pada 2030-2034. Pada tahap ini akan dilakukan pengembangan utilitas terintegrasi serta kereta api akses bandara Kota Balikpapan menuju KIPP Kota Nusantara, pengembangan kawasan industri dan sektor lain dalam klaster super hub. 

Pembangunan juga akan menunjang penguatan kota cerdas, pusat digital, serta pendidikan abad 21, ungkap dia, serta peningkatan investasi dan kapasitas produksi klaster ekonomi.

Adapun tahap keempat pada 2035-2039 adalah tahap membangun seluruh infrastruktur dan ekosistem tiga kota untuk percepatan pembangunan Kalimantan. Ini meliputi perkembangan pesat di bidang pendidikan dan kesehatan sebagai motor penggerak ekonomi. Selain itu, pembangunan mencakup penguatan ketahanan sosial-budaya masyarakat, serta peningkatan kapasitas lembaga pendidikan dan riset, penambahan kapasitas infrastruktur dasar dan peningkatan kapasitas dan diversifikasi klaster ekonomi.

Tahapan terakhir atau kelima pada 2040-2045 adalah mengokohkan reputasi Kota Nusantara sebagai kota dunia. Tahapan ini mencakup pembangunan angkutan umum massal berbasis jalan dari kereta api di ibu kota baru Indonesia dan daerah mitra sekitar.

Pada tahapan ini, pemantapan infrastruktur dan utilitas terintegrasi, mencapai net zero-carbon emission dan 100 persen energi terbarukan, serta pengembangan industri berkelanjutan.  "Pembangunan Kota Nusantara terus berlanjut setiap tahap dan periode yang telah direncanakan hingga puncaknya pada 2045," kata Danis.

 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...