Kementan Siapkan 1,5 Juta Ha Lahan Peternakan Sapi untuk Makan Bergizi Gratis

Mela Syaharani
12 September 2024, 15:30
makan bergizi gratis, peternakan sapi, kementerian pertanian
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Warga menggembala sapi melintas di Pantai Labuan Merak, kampung Merak, Situbondo, Jawa Timur, Senin (24/10/2022).
Button AI Summarize

Kementerian Pertanian akan menyediakan lahan peternakan sapi seluas 1,5 juta hektare untuk penyediaan daging dan susu program makan bergizi gratis. Pengeolaan lahan ini akan dilakukan perusahaan swasta, UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dan koperasi.

Saat ini sudah ada 36 perusahaan yang berkomitmen mendatangkan impor sapi hidup ke Indonesia. Hewan ternak ini nantinya akan dipelihara di lahan yang disediakan Kementan. "Ini sifatnya investasi dengan jaminan pembelian untuk porgram makan bergizi gratis," kata Wakil Menteri Pertanian Sudaryono saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/9). 

Penyediaan lahan tersebut akan memudahkan para pengusaha untuk berinvestasi. Sebab, menurut Sudaryono, selama ini masalah peternakan sapi adalah kebutuhan lahan yang luas. Kementan nantinya juga akan membantu dari sisi perizinan dan administrasinya.

Lahan seluas 1,5 juta hektare rencananya akan digunakan untuk 1,3 juta ekor sapi hidup. Luasannya tidak berbentuk satu hamparan tapi tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sulawesi Tengah, Banten, Jawa Timur, hingga Pulau Aru di Maluku.

Di masing-masing peternakan luas lahannya akan sekitar 1.500 ha hingga 100 ribu ha. Penyediaan lahan yang terpisah-pisah tersebut untuk menghidupkan lagi sistem kelompok-kelompok produksi susu.

Selain terpecah, Sudaryono menyebut, lokasi peternakan akan berada di atas lahan hutan produksi, kebun sawit, hingga lahan masyarakat. Meskipun lokasinya di atas tanah masyarakat dan perkebunan, namun Sudaryono memastikan tidak ada perubahan lahan untuk peternakan.

“Jadi walaupun lahan sawit, ya sawitnya tetap di situ, hanya saja dia pelihara sapi saja. Jadi tidak menebang pohon apapun, paling mungkin di lahan tersebut dibangun untuk kandang,” ujarnya.

Luasan kandang biasanya tidak sampai 2 hektare. Dengan begitu, sisa lahan dapat dijadikan area untuk melepas sapi dan sumber pakan. 

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...