Prabowo Minta 4 Menteri Selamatkan Karyawan Sritex

Agustiyanti
25 Oktober 2024, 21:24
sritex, pailit, phk
sritex.co.id
Seorang pekerja menjahit pakaian militer di pabrik Sritex.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto meminta empat menterinya untuk menyelematkan karyawan PT Sri Rejeki Isman atau Sritex. Perusahaan ekspor yang pernah menjadi kebanggaan Presiden Joko Widodo ini  dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Semarang.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, instruksi untuk menyelamatkan karyawan Sritex diberikan Prabowo kepada dirinya,  Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Menteri Tenaga Kerja. Prabowo meminta mereka mengkaji beberapa opsi dan skema penyelamatan Sritex.

"Pemerintah akan segera mengambil langkah-langkah agar operasional perusahaan tetap berjalan dan pekerja bisa diselamatkan dari PHK," kata Agus Gumiwang dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (25/10). 

Agus menekankan, prioritas pemerintah saat ini adalah menyelamatkan karyawan PT Sritex dari pemutusan hubungan kerja atau PHK.  "Opsi dan skema penyelamatan ini akan disampaikan dalam waktu secepatnya, setelah empat kementerian selesai merumuskan cara penyelamatan," tuturnya.

Pengadilan Niaga Semarang memutus pailit terhadap PT Sri Rejeki Isman (Sritex) pada Rabu (23/10) dan mengabulkan permohonan salah satu kreditor perusahaan tekstil tersebut.

Salah satu debitur PT Sritex, yakni PT Indo Bharat Rayon  mengajukan permohonan pembatalan perjanjian perdamaian atas kesepakatan penundaan kewajiban pembayaran utang pada 2022.

"Mengabulkan permohonan pemohon. Membatalkan rencana perdamaian PKPU pada Januari 2022 lalu," kata Juru Bicara Pengadilan Niaga Kota Semarang Haruno Patriadi di Semarang, Jawa Tengah.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...