Hati-hati, Ini Waktu Paling Krusial Pasien Tularkan Virus Corona

Desy Setyowati
10 Juni 2020, 08:51
Hati-hati, Ini Waktu Paling Krusial Pasien Tularkan Virus Corona
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Ilustrasi, petugas medis melakukan rapid test Covid-19 pedagang Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta, Kamis (4/6/2020).

Studi menunjukkan, pasien terinfeksi Covid-19 berpotensi besar menularkan virus corona ke banyak orang pada saat pertama kali mereka merasa tidak sehat. Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir pelonggaran karantina wilayah (lockdown) akan mendorong penyebaran virus.

Apalagi, biasanya penderita tak langsung memeriksakan diri ke dokter, ketika pertama kali mengalami gejala. Di satu sisi, mereka berpeluang besar menularkan virus corona saat pertama kali merasa tidak sehat.

Advertisement

"Tampaknya, dari informasi yang sangat terbatas yang kami miliki saat ini, orang-orang mempunyai lebih banyak virus dalam tubuh mereka ketika mengalami gejala sangat awal," kata Ahli epidemiologi sekaligus pimpinan teknis pandemi WO Maria van Kerkhove, dikutip dari Reuters, Rabu (10/6).

(Baca: Selandia Baru Bebas dari Corona, Warganya Kembali Hidup 'Normal')

Sebelumnya, studi dari peneliti Jerman dan Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa orang dengan gejala ringan dapat menularkan virus corona hingga 8-9 hari. “Bisa jauh lebih lama bagi orang yang sakit parah,” kata Van Kerkhove.

Akan tetapi, beberapa pakar mempertanyakan waktu-waktu krusial orang-orang tanpa gejala menularkan virus corona. Van Kerkhove, mengutip studi pemodelan penyakit, menjelaskan bahwa beberapa orang tidak mengalami gejala, tetapi masih dapat menginfeksi yang lain.

“Perkiraan sekitar 40% transmisi mungkin disebabkan oleh (orang dengan) gejala, tetapi itu berasal dari model,” ujar dia. (Baca: Meski Dilarang WHO, RI Masih Pakai Klorokuin Untuk Obati Pasien Corona)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement