Produsen Obat Generik Bakal Produksi Pil Covid-19 Pfizer Versi Murah

Rizky Alika
18 Maret 2022, 14:39
obat, covid-19, paxlovid, pfizer
Alexandr Podvalny/Pexels
Ilustrasi obat

Berbagai pihak terus mengembangkan obat antivirus corona. Terbaru, 35 produsen obat generik di seluruh dunia akan membuat versi murah Paxlovid, antivirus oral Covid-19 buatan Pfizer Inc.

Dikutip dari Reuters, pada Kamis (17/3), Medicines Patent Pool (MPP) yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan obat generik tersebut diproduksi untuk memasok pengobatan di 95 negara miskin.

Sejak tahun lalu Pfizer mengizinkan pembuat obat generik untuk membuat pil ke 95 negara berpendapatan rendah dan menengah. Raksasa farmasi Amerika Serikat itu juga telah memilih pembuat obat yang akan mendapatkan lisensi.

MPP mengatakan, 35 perusahaan yang akan memproduksi versi generik Paxlovid berbasis di 12 negara berbeda. Sedangkan perusahaan yang terlibat termasuk  Teva Pharmaceutical Industries Israel, Sun Pharmaceutical Industries asal India, dan Viatris Inc yang berbasis di AS.

Sebanyak enam perusahaan akan membuat bahan utama obat tersebut, sementara sembilan perusahaan akan mengubahnya menjadi produk jadi. Selebihnya,  akan membuat bahan baku sekaligus mengubah menjadi produk siap pakai.

Nantinya, Pfizer tidak akan menerima royalti dari penjualan versi generik obatnya selama Covid-19 masih diklasifikasikan sebagai darurat kesehatan internasional oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...