Satu Bulan Invasi Rusia, Zelensky Kembali Minta Dukungan Dunia

Aryo Widhy Wicaksono
24 Maret 2022, 11:58
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy speaks during the annual Munich Security Conference, in Munich, Germany February 19, 2022. REUTERS/Andreas Gebert
Reuters
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy speaks during the annual Munich Security Conference, in Munich, Germany February 19, 2022. REUTERS/Andreas Gebert

Pemimpin Ukraina menyerukan aksi solidaritas pada hari Kamis (24/3), atau sebulan sejak invasi Rusia dimulai. Presiden Volodymyr Zelensky juga memperingatkan akan mengawasi siapa saja yang berpaling pada pertemuan tingkat tinggi di Eropa.

Seperti dikutip dari Reuters, Zelensky mengharapkan "langkah serius" dari sekutu Barat.

Advertisement

"Pada tiga KTT ini kita akan melihat siapa teman kita, siapa mitra kita, dan siapa yang menjual kita, dan mengkhianati kita," katanya dalam pidato video yang dirilis Kamis pagi (24/3).

Dia mengulangi permintaannya untuk zona larangan terbang, dan mengeluhkan sikap Barat yang tidak memberikan Ukraina pesawat, sistem anti-rudal modern, tank, atau senjata anti-kapal.

Pertemuan di Eropa rencananya akan membahas upaya untuk memperkuat sanksi dan sikap North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah tiba di Brussel, Belgia, untuk mengikuti pertemuan aliansi G7 dan Uni Eropa, untuk membahas mengenai konflik yang dimulai pada 24 Februari. 

Kunjungan Biden juga menyoroti perselisihan dengan sekutu di Eropa terkait sanksi energi, karena beberapa negara di sangat bergantung pada minyak dan gas Rusia.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement