Dubes Rosan Roeslani Resmikan Masjid At-Thohir Los Angeles

Image title
Oleh Metta Dharmasaputra.
28 Maret 2022, 11:37
Peresmian Masjid At-Thohir Los Angeles, Amerika Serikat
Katadata
Peresmian Masjid At-Thohir Los Angeles, Amerika Serikat

Di tengah udara sejuk Los Angeles, California Masjid At-Thohir diresmikan pada Ahad (27/3) pagi ini oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani.

Rumah ibadat umat Islam ini didirikan oleh keluarga Garibaldi Thohir bersama komunitas Muslim di LA, yang semula berfungsi sebagai gereja.

"Ini janji saya kepada orang tua," ujar Dirut PT Adaro Energy Tbk. ini, yang hadir bersama putra bungsunya Gamma Thohir.

Masjid At-Thohir mengambil nama dari Mochamad Teddy Thohir, mendiang ayah Garibaldi dan Erick Thohir, adiknya yang kini juga menjabat sebagai sebagai Menteri BUMN.

Terletak di jalan Kenmore Avenue, Los Angeles, bangunan bercat putih nan megah ini semula berfungsi sebagai gereja bagi umat Kristen Samoa. Dari jendela masjid, Hollywood Sign di Griffith Park, Bukit Hollywood yang ikonik, tampak eksotik di kejauhan.

Luas bangunan masjid ini sekitar 650 m2, yang menempati lahan lebih dari 1.100 m2. Di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas, seperti aula, tempat tinggal untuk imam masjid dan beberapa ruang kelas dengan fasilitas modern untuk kegiatan belajar-mengajar.

Masjid At-Thohir Los Angeles
Masjid At-Thohir Los Angeles (Katadata)

Boy Thohir, sapaan akrab Garibaldi, mengisahkan bahwa ide pendirian masjid di Los Angeles ini sebetulnya sudah cukup lama.

Bermula dari keluhan almarhum ayahnya pada setiap salat Jumat, saat beberapa kali berkunjung ke Los Angeles. Mengapa tidak ada masjid milik orang Indonesia di salah satu kota penting di AS ini. Padahal, ada puluhan ribu masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan ini.

Menanggapi keluhan sang ayah, Garibaldi sempat berkelakar, "Dad, saya bersama teman-teman nanti yang akan mendirikan masjid ini."

Kebetulan sekitar 30 tahun silam, di kota ini pula ia menempuh pendidikan di University of Southern California dan Northrop University Los Angeles. Ia pun aktif di Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Amerika Serikat (Permias).

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...