Zelensky Bantah Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi

Image title
Oleh Abdul Azis Said
4 Juli 2022, 10:42
 Volodymyr Zelenskyy, zelenskyy, ukraina, rusia, perang rusia ukraina, jokowi
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

Kantor Presiden Ukraina membantah kabar yang menyebutkan bahwa Presiden Volodymyr Zelenskyy telah menitipkan pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Presiden Joko Widodo. Menurut Kantor Presiden Ukraina, Zelenskyy akan berbicara kepada Putin secara terbuka dalam pidato hariannya jika ada yang ingin disampaikan. 

Sekretaris Pers Kantor Presiden Ukraina Serhii Nikiforov mengatakan, pembicaraan antara Zelensky dan Jokowi dalam pertemuan pekan lalu hanya membahas isu terkait pangan. 

Advertisement

“Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden Indonesia dan Ukraina di Kyiv,” ujar Nikiforov mengutip kantor berita lokal ukraina, Ukrainka Pravda, Senin (4/7). 

Ia mengatakan, Rusia memikul tanggung jawab penuh terkait gangguan ekspor Ukraina ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. Rusia, menurut dia, juga bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir.

“Inilah yang dibahas secara detail oleh Volodymyr Zelenskyy dengan Presiden Jokowi. Pesan apa pun, jika presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” kata dia. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement