Punya Budaya Kerja yang Ekstrem, Ini 6 Negara Tersibuk di Dunia

Image title
27 Juli 2022, 13:31
negara tersibuk di dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/AWW/sa.
Ilustrasi, kota New York, AS, yang merupakan salah satu kota tersibuk di dunia.

Hidup di negara dengan suasana perkotaan yang mendominasi membuat banyak orang harus terus bergerak dan menjadi sibuk. Akibatnya sejumlah wilayah menyandang status sebagai negara tersibuk di dunia.

Predikat ini memiliki sejumlah dampak positif dan negatif. Dari segi positif angka pendapatan negara ikut terdongkrak namun dari negatif banyak warganya yang merasa lelah dan tingkat gangguan kejiwaan juga ikut meningkat.

Indonesia sendiri tidak mendapat predikat sebagai negara tersibuk di dunia. Sejumlah faktor menjadi penyebab, seperti belum meratanya pertumbuhan ekonomi, dan masih tersentralisir di kota besar.

Negara Tersibuk di Dunia

Mengutip riset yang dilakukan oleh Google, berikut ini beberapa negara tersebut di dunia. Penentuan predikat "tersibuk" ini, didasarkan atas rata-rata waktu bekerja penduduk, serta aktivitas di beberapa kota utama.

1. Amerika Serikat

Negara tersibuk di dunia yang pertama adalah Amerika Serikat (AS). Selain itu negara ini juga dijuluki negara paling sibuk di dunia terutama di kota-kota terbesarnya terutama ketika memasuki jam-jam sibuk. Budaya kerja di AS pun cukup berat, dengan rata-rata seorang karyawan penuh waktu di AS bekerja selama 1.801 jam per tahun.

Salah satu kota metropolitan di Amerika Serikat yaitu New York mendapatkan predikat sebagai kota paling sibuk di tingkat dunia. Adapun penyebabnya adalah Kota New York memiliki populasi sekitar 19 juta jiwa namun di setiap tahunnya ada tambahan sekitar 50 juta turis berkunjung ke kota ini untuk liburan. Inilah yang membuat kota ini tampak selalu sibuk dengan beragam aktivitas. Tak mengherankan jika Kota New York mendapat julukan sebagai kota yang jarang tidur di malam hari dengan lelap.

2. Republik Rakyat Tiongkok

Negara tersibuk di dunia yang kedua adalah Republik Rakyat Tiongkok. Adapun penyebabnya tidak hanya menjadi negara dengan jumlah penduduk tertinggi tetapi juga tersibuk di dunia. Adanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus melaju sangat cepat ke masa depan menjadikan negara ini selalu mampu berada di depan negara-negara lain terutama di kawasan Asia.

Apabila Anda berkunjung ke negara ini bisa mengamati salah satu kesibukan tertinggi bisa dilihat di kota terbesar kedua yaitu Beijing. Kota ini sejak dulu menjadi pusat bisnis dan juga pusat dari segala macam hiburan. Bahkan Bandara Beijing ditetapkan menjadi salah satu bandara paling ramai kedua di dunia.

Kemudian kota selanjutnya yang juga mendapatkan julukan sebagai kota tersibuk di dunia adalah Shanghai mendapatkan predikat sebagai salah satu kota metropolitan paling cepat pertumbuhan ekonominya sehingga tidak mengherankan jika Shanghai menjadi salah satu pusat perputaran keuangan terbesar di dunia.

Di kota ini, ada berbagai jenis kegiatan bisnis skala besar, mulai dari perkapalan, perdagangan, perbankan hingga administrasi.

3. Jepang

Rasanya hampir semua orang sepakat apabila Jepang termasuk sebagai negara paling sibuk ketiga di dunia dimana ini terlihat dari kedisiplinan tinggi dan ketepatan waktu yang dimiliki oleh masing-masing penduduk di Jepang.

Halaman:
Reporter: Muhammad Irfan Al-Amin
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...