7 Pilihan Bandara Terbesar di Dunia Ini Layak Jadi Tujuan Wisata

Image title
26 April 2022, 23:48
Ilustrasi Bandara King Fahd International Airport sebagai bandara terbesar di dunia.
Katadata
Ilustrasi Bandara King Fahd International Airport sebagai bandara terbesar di dunia.

Meredanya kasus Covid-19 global, membuat akses bepergian alias traveling di beberapa negara mulai dibuka. Apabila Anda senang berpergian antara negara, transportasi pesawat tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk menempuh jarak jauh.

Selain memudahkan dalam proses perjalanan, menggunakan transportasi pesawat juga dapat menghemat biaya pengeluaran perjalanan Anda. Syaratnya, lebih cermat dan bersabar mencari promo atau diskon tiket pesawat.

Advertisement

Selama melakukan perjalanan ke berbagai negara menggunakan pesawat, Anda akan menemukan beberapa hal menarik, salah satunya kondisi bandara di berbagai negara. Bahkan, menyambangi bermacam-macam bandara di dunia bisa menjadi hal yang menarik, termasuk bandara terbesar di dunia

Salah satu bandara terbesar di dunia yang cukup dikenal yakni King Fahd di Arab Saudi. Besarnya ukuran bandara satu ini bukan tanpa alasan, karena salah satu bandara terbesar di dunia ini berfungsi untuk menyambut jamaah haji dari seluruh dunia, untuk beribadah ke Makkah.

Daftar Bandara Terbesar di Dunia

Berikut tujuh daftar bandara terbesar di dunia yang dilansir dari situs informasi Cekaja.com:

1. King Fahd International Airport

Luas Area : 78.000 hektar

Lokasi : King Fahd Rd, Dammam, Arab Saudi

Bandara terbesar di dunia yang pertama adalah King Fahd International Airport atau yang dikenal dengan KFIA. Diresmikan pada 1999, bandara ini merupakan hub ketiga di Arab Saudi setelah Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah.

KFIA melayani penerbangan ke Dammam, Khobar, Ras Tanura, Dhahran, Qatif dan Jubail. Di perbatasan bagian selatan bandar udara, terdapat Saudi Aramco yang merupakan perusahaan minyak nasional Arab Saudi.

Perusahaan tersebut menempati area seluas 250 kilometer persegi, untuk digunakan sebagai fasilitas transportasi dan pengeboran minyak.

2. Denver International Airport

Luas Area : 14.000 hektar

Lokasi : 8500 Peña Blvd, Denver, CO 80249, Amerika Serikat

Bandara terbesar di dunia selanjutnya adalah Denver International Airport. Tidak hanya menjadi bandara paling besar di dunia, namun bandar udara ini juga menjadi bandara terindah, dengan landasan pacu terpanjang di dunia yang bisa digunakan secara umum di Amerika Serikat.

Dilihat dari tingkat lalu lintas penumpang, bandara internasional Denver dinobatkan sebagai bandara tersibuk ke-10 di dunia pada 2009. Pada tahun itu, bandara Denver memiliki lalu lintas penumpang sebanyak 50.167.485 penumpang.

Jika dilihat dari jumlah pergerakan pesawat, bandara internasional Denver menempati posisi keempat sebagai bandara tersibuk di dunia, yaitu sebesar 600.606 kali. Tak hanya itu, bandara ini juga berada di timur laut Kota Denver.

3. Dallas/Fort Worth International Airport

Luas Area : 6.963 hektar

Lokasi : 2400 Aviation Dr, DFW Airport, TX 75261, Amerika Serikat

Di posisi ketiga ada Dallas/Fort Worth International Airport yang masuk kategori bandara paling besar di dunia. Terletak di antara kota Dallas dan Fort Worth, bandara ini menjadi bandara tersibuk di Amerika Serikat, berdasarkan lalu lintas penumpang.

Jika dilihat dari arus kedatangan dan keberangkatan pesawat, bandara ini memiliki arus sebanyak 652.261 pesawat. Hal tersebut menjadikan bandara internasional Dallas sebagai bandara tersibuk di dunia keempat.

Jika kamu ingin berkunjung ke kota atau negara lain, jangan khawatir. Karena Bandara Dallas/Fort Worth International dekat dengan bandara lainnya, seperti Bandara Dallas Love Field, Bandara Corsicana, Bandara Waco Municipal, Bandara Tyler dan Bandara Wichita Falls Sheppard AFB.

4. Orlando International Airport

Luas Area : 5.383 hektar

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement