7 Pilihan Bandara Terbesar di Dunia Ini Layak Jadi Tujuan Wisata

Berikut daftar tujuh bandara terbesar di dunia yang melayani penerbangan internasional mancanegara dengan beragam tujuan.
Image title
26 April 2022, 23:48
Ilustrasi Bandara King Fahd International Airport sebagai bandara terbesar di dunia.
Katadata
Ilustrasi Bandara King Fahd International Airport sebagai bandara terbesar di dunia.

Meredanya kasus Covid-19 global, membuat akses bepergian alias traveling di beberapa negara mulai dibuka. Apabila Anda senang berpergian antara negara, transportasi pesawat tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk menempuh jarak jauh.

Selain memudahkan dalam proses perjalanan, menggunakan transportasi pesawat juga dapat menghemat biaya pengeluaran perjalanan Anda. Syaratnya, lebih cermat dan bersabar mencari promo atau diskon tiket pesawat.

Selama melakukan perjalanan ke berbagai negara menggunakan pesawat, Anda akan menemukan beberapa hal menarik, salah satunya kondisi bandara di berbagai negara. Bahkan, menyambangi bermacam-macam bandara di dunia bisa menjadi hal yang menarik, termasuk bandara terbesar di dunia

Salah satu bandara terbesar di dunia yang cukup dikenal yakni King Fahd di Arab Saudi. Besarnya ukuran bandara satu ini bukan tanpa alasan, karena salah satu bandara terbesar di dunia ini berfungsi untuk menyambut jamaah haji dari seluruh dunia, untuk beribadah ke Makkah.

Advertisement

Daftar Bandara Terbesar di Dunia

Berikut tujuh daftar bandara terbesar di dunia yang dilansir dari situs informasi Cekaja.com:

1. King Fahd International Airport

Luas Area : 78.000 hektar

Lokasi : King Fahd Rd, Dammam, Arab Saudi

Bandara terbesar di dunia yang pertama adalah King Fahd International Airport atau yang dikenal dengan KFIA. Diresmikan pada 1999, bandara ini merupakan hub ketiga di Arab Saudi setelah Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah.

KFIA melayani penerbangan ke Dammam, Khobar, Ras Tanura, Dhahran, Qatif dan Jubail. Di perbatasan bagian selatan bandar udara, terdapat Saudi Aramco yang merupakan perusahaan minyak nasional Arab Saudi.

Perusahaan tersebut menempati area seluas 250 kilometer persegi, untuk digunakan sebagai fasilitas transportasi dan pengeboran minyak.

2. Denver International Airport

Luas Area : 14.000 hektar

Lokasi : 8500 Peña Blvd, Denver, CO 80249, Amerika Serikat

Bandara terbesar di dunia selanjutnya adalah Denver International Airport. Tidak hanya menjadi bandara paling besar di dunia, namun bandar udara ini juga menjadi bandara terindah, dengan landasan pacu terpanjang di dunia yang bisa digunakan secara umum di Amerika Serikat.

Dilihat dari tingkat lalu lintas penumpang, bandara internasional Denver dinobatkan sebagai bandara tersibuk ke-10 di dunia pada 2009. Pada tahun itu, bandara Denver memiliki lalu lintas penumpang sebanyak 50.167.485 penumpang.

Jika dilihat dari jumlah pergerakan pesawat, bandara internasional Denver menempati posisi keempat sebagai bandara tersibuk di dunia, yaitu sebesar 600.606 kali. Tak hanya itu, bandara ini juga berada di timur laut Kota Denver.

3. Dallas/Fort Worth International Airport

Luas Area : 6.963 hektar

Lokasi : 2400 Aviation Dr, DFW Airport, TX 75261, Amerika Serikat

Di posisi ketiga ada Dallas/Fort Worth International Airport yang masuk kategori bandara paling besar di dunia. Terletak di antara kota Dallas dan Fort Worth, bandara ini menjadi bandara tersibuk di Amerika Serikat, berdasarkan lalu lintas penumpang.

Jika dilihat dari arus kedatangan dan keberangkatan pesawat, bandara ini memiliki arus sebanyak 652.261 pesawat. Hal tersebut menjadikan bandara internasional Dallas sebagai bandara tersibuk di dunia keempat.

Jika kamu ingin berkunjung ke kota atau negara lain, jangan khawatir. Karena Bandara Dallas/Fort Worth International dekat dengan bandara lainnya, seperti Bandara Dallas Love Field, Bandara Corsicana, Bandara Waco Municipal, Bandara Tyler dan Bandara Wichita Falls Sheppard AFB.

4. Orlando International Airport

Luas Area : 5.383 hektar

Lokasi : 1 Jeff Fuqua Blvd, Orlando, FL 32827, Amerika Serikat

Bandara terbesar di dunia yang keempat adalah Orlando International Airport. Bandara yang terletak di tenggara pusat kota Orlando, Florida ini mampu menampung 44.611.265 penumpang pada 2017.

Hal tersebut membuat Bandara Orlando menjadi bandar udara tersibuk di Florida. Tidak hanya itu, bandara ini juga dekat dengan beberapa bandara lainnya di Amerika Serikat, seperti Bandara Melbourne, Bandara Lakeland dan sebagainya.

Tersedia beberapa maskapai penerbangan dari Bandara Internasional Orlando, di antaranya yaitu Silver Airways, Avianca, Air Jamaica, Copa Airlines, Alaska Airlines, British Airways, dan lainnya.

5. Washington Dulles International Airport

Luas Area : 4.451 hektar

Lokasi : 1 Saarinen Cir, Dulles, VA 20166, Amerika Serikat

Berikutnya adalah Bandara Internasional Washington Dulles. Salah satu bandara terbesar di dunia ini, resmi dibuka pada 1962 dan terletak di Amerika Serikat bagian timur, tepatnya di daerah Loudoun dan Fairfax di Virginia.

Bandara Internasional Washington Dulles diberi nama oleh John Foster Dulles, sekretaris negara ke-52 yang melayani Presiden D. Eisenhower. Bandara ini juga melayani penerbangan wilayah metropolitan Baltimore-Washington-Northern Virginia di District of Columbia.

Bandara Dulles dekat dengan bandara-bandara lain seperti Bandara Washington Ronald Reagan, Bandara Hagerstown, Bandara Baltimore Glenn L Martin dan lainnya.

Tidak hanya itu, Bandar udara ini juga menyediakan beberapa maskapai penerbangan yang bisa kamu gunakan seperti Avianca, British Airways, Delta Air Lines, dan sebagainya.

6. George Bush Intercontinental Airport

Luas Area : 4.451 hektar

Lokasi : 2800 N Terminal Rd, Houston, TX 77032, Amerika Serikat

Bandara George Bush Intercontinental terletak sejauh 37 kilometer dari pusat kota. Selain itu, bandar udara terbesar ini juga menerima beberapa penerbangan seperti Kanada, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Asia dan Amerika Tengah.

Bandara yang dikelola oleh Houston Sugarland Baytown ini memiliki beberapa rute internasional dan domestik tersibuk. Beberapa rute internasional tersebut di antaranya Kota Meksiko, London, San Jose, Frankfurt, Amsterdam, Kota Guatemala dan lainnya.

Sedangkan untuk rute domestik tersibuk di antaranya Los Angeles, Chicago, Denver, Newark, Phoenix, Atlanta, New Orleans, dan lain-lain.

7. Shanghai Pudong International Airport

Luas Area : 4.451 hektar

Lokasi : S1 Yingbin Expy, Pudong, Shanghai, Tiongkok

Bandara Internasional yang berdiri pada 1 Oktober 1999 ini berjarak 30 kilometer dari pusat kota Shanghai. Bandara Shanghai Pudong merupakan pangkalan Air China, tepatnya maskapai penerbangan nasional di Tiongkok yang melayani penerbangan dari Shanghai ke kota-kota utama, baik di dalam negeri atau luar negeri, serta penerbangan kargo.

Salah satu bandara terbesar di dunia ini dikelola oleh Shanghai Airport yang memiliki jumlah penumpang sebanyak 40.578.621 orang pada 2010. Selain itu, Shanghai Pudong juga memiliki dua terminal yang bisa digunakan penumpang.

Terdapat beberapa maskapai yang mendarat di salah satu bandara terbesar di dunia ini, di antaranya Aeroflot, Air Canada, Air Koryo, Air Macau, China Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, Korean Air dan maskapai-maskapai lainnya.

Bandara Internasional Shanghai Pudong melayani penerbangan di Kota Shanghai kurang lebih sebanyak 60 %. Selain itu, salah satu bandara terbesar di dunia ini juga memiliki beberapa fasilitas, seperti area parkir yang luas, tempat makan dan beberapa area pertokoan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait