Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Dermawan 2022

Image title
22 Oktober 2022, 09:37
Indonesia, dermawan, sumbangan
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/aww.
Ilustrasi, seorang perempuan dari komunitas Gojek Palu (Gopal) membawa kotak sumbangan pada penggalangan dana di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (16/7/2020).

Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index (WGI) 2022, yang dikeluarkan oleh Charities Aid Foundation (CAF).

Laporan WGI 2022 CAF yang dirilis Jumat (21/10), mengukuhkan Indonesia di peringkat pertama dengan skor 68%, lebih rendah tiga persen dibanding skor di tahun sebelumnya.

Mengutip Antara, Sabtu (22/10), Ketua Badan Pelaksana Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC) Hamid Abidin dalam keterangannya, mengaku takjub atas prestasi yang ditorehkan oleh sektor filantropi Indonesia dalam kurun waktu lima tahun tersebut.

"Ini menunjukkan kuatnya tradisi menyumbang masyarakat Indonesia, yang diinspirasi oleh ajaran agama dan tradisi lokal, yang sudah dipraktikkan puluhan tahun," kata Hamis, dikutip dari Antara.

Pencapaian ini menempatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan dalam kurun waktu lima tahun berturut-turut.

Menurut laporan WGI, Indonesia menempati dua peringkat teratas dari tiga kategori, yakni menyumbang uang, menyumbang pada orang asing atau tidak dikenal, dan partisipasi dalam kegiatan kerelawanan atau volunteerism.

Hasil penelitian CAF, menunjukkan 84% orang Indonesia menyumbang uang pada 2021, jauh lebih tinggi dari skor rata-rata global, yang sebesar 35%. Persentase warga Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan kerelawanan juga tinggi, yakni 63%, hampir tiga kali lebih besar dari angka rata-rata global, yang sebesar 23%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...