WHO Ajak 194 Negara Anggota Wujudkan Pemerataan Kesehatan, Ini Caranya

Lavinda
Oleh Lavinda
7 April 2023, 17:20
WHO
ANTARA/Shutterstock
Ilustrasi, logo Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyerukan kepada para pemimpin di 194 negara anggota untuk berupaya mencapai pemerataan kesehatan. 

Hal ini disampaikan Perwakilan WHO untuk Indonesia, N. Paranietharan, saat merayakan ulang tahun WHO ke-75 yang menandai tonggak sejarah kesehatan dunia. Pada hari jadinya, WHO berefleksi terkait kemajuan yang dicapai dalam kesehatan masyarakat, dan berkomitmen kembali mencapai pemerataan kesehatan untuk semua.

Lembaga internasional ini juga menekankan pentingnya memastikan setiap orang memiliki akses ke layanan kesehatan dasar, tanpa diskriminasi.

“Kita harus ingat bahwa kesehatan adalah hak asasi manusia yang mendasar. Tidak seorang pun boleh tertinggal, dan setiap orang harus memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas,” ujar Paranietharan dalam keterangan tertulis yang diterima Katadata, dikutip Jumat (7/4).

Menurut dia, pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa melindungi kesehatan merupakan hal mendasar bagi ekonomi, masyarakat, keamanan, dan stabilitas dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...