AS Bakal Kehabisan Uang pada 1 Juni, Joe Biden Gelar Rapat Darurat

Happy Fajrian
2 Mei 2023, 06:33
joe biden, amerika serikat, utang as, utang amerika, amerika
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/WSJ/cf
Kevin Lamarque Presiden Amerika Serikat Joe Biden memanggil empat pimpinan kongres untuk membahas kenaikan batas utang AS.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memanggil empat pemimpin kongres teratas ke Gedung Putih untuk mencoba mencegah krisis fiskal. Departemen Keuangan AS bahwa akan ada kekurangan uang tunai untuk membayar semua tagihan pemerintah pada awal Juni tanpa kenaikan batas utang.

Seorang sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan bahwa Biden menelepon Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy di Yerusalem, serta pemimpin Demokrat di DPR Hakeem Jeffries, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schummer, dan pemimpin Republik Mitch McConnell.

“Keempat pemimpin kongres tersebut diundang ke pertemuan pada 9 Mei untuk membicarakan terkait plafon utang dan belanja federal,“ kata sumber tersebut seperti dikutip Reuters, Selasa (2/5).

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa pemerintah AS akan kehabisan uang tunai pada awal Juni, paling cepat 1 Juni 2023. Sebelumnya Depkeu AS memperkirakan bahwa pemerintah akan kekurangan uang tunai sekitar tanggal 5 Juni.

“Penerimaan dan belanja federal secara inheren bervariasi, dan tanggal sebenarnya Departemen Keuangan melakukan tindakan luar biasa bisa beberapa minggu lebih lambat dari perkiraan ini,” ujar Yellen yang mendesak Kongres untuk bertindak cepat untuk meningkatkan batas utang.

“Tidak mungkin untuk memprediksi dengan pasti tanggal pasti kapan Departemen Keuangan tidak dapat membayar tagihan pemerintah, dan saya akan terus memperbarui Kongres dalam beberapa minggu mendatang karena lebih banyak informasi tersedia,” kata ujarnya lagi.

Setelah mencapai batas pinjaman US$ 31,4 triliun pada 19 Januari, Yellen sebelumnya mengatakan kepada Kongres bahwa Departemen Keuangan akan terus membayar utang, tunjangan federal, dan melakukan pengeluaran lain untuk menggunakan penerimaan kas dan tindakan pengelolaan kas yang luar biasa.

Pada tahun 2011, pertarungan pagu utang yang serupa membawa negara itu ke jurang gagal bayar dan mendorong penurunan peringkat kredit terkemuka negara itu. Kali ini, negosiasi diperkirakan lebih sulit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...