Penobatan "Sederhana" Raja Charles III Telan Biaya Hingga Rp 1,8 T

Happy Fajrian
6 Mei 2023, 20:24
biaya penobatan raja charles iii
YouTube-The Royal Family Channel
Prosesi penobatan Raja Charles III dilaporkan menelan biaya Rp 927 juta hingga Rp 1,85 triliun.

Kerajaan Inggris telah menjalankan prosesi penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, dalam tampilan kemegahan dan arak-arakan khas Inggris. Mengutip BBC acara ini dilaporkan menelan biaya £ 50-100 juta atau Rp 927 juta hingga Rp 1,85 triliun.

Jumlah tersebut dua kali lipat biaya penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953 senilai £ 1,5 juta atau setara £ 50 juta dengan nilai saat ini. Itu juga jauh di atas biaya penobatan Raja George VI pada 1937 sebesar £ 450.000, atau setara £ 24,8 juta saat ini.

Meski begitu Istana Buckingham tidak memberikan angka pasti untuk biaya penobatan. Penobatan ini merupakan seremonial resmi usai Charles naik takhta pada 8 September 2022, hari wafatnya Ratu Elizabeth II.

Biaya penobatan sebesar itu berkebalikan dengan latar belakang ekonomi yang menantang bagi Inggris, dengan banyak yang mempertanyakan validitas prosesi tersebut karena Inggris tengah menghadapi krisis biaya hidup terburuk dalam satu generasi.

Meski demikian, Raja Charles sendiri dikatakan telah meminta prosesi yang lebih sederhana, dengan durasi upacara penobatan yang lebih pendek, lebih kecil, lebih murah, dan lebih representatif, bagian dari rencananya yang lebih luas untuk monarki yang lebih ramping.

Upacara Westminster Abbey, misalnya, akan dihadiri oleh sekitar 2.000 tamu VIP, atau sekitar seperempat dari jumlah tamu yang hadir pada penobatan mendiang Ratu Elizabeth II. Prosesnya juga akan berlangsung sekitar satu jam, bukan beberapa jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...