Ukraina Buat UU agar Narapidana Bisa Ikut Perang Lawan Rusia

Desy Setyowati
18 Mei 2024, 19:19
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy , rusia,
Reuters
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy
Button AI Summarize

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah menandatangani undang-undang tentang mobilisasi narapidana agar dapat berperang melawan Rusia. UU ini bertujuan menambah jumlah pasukan.

Menurut basis data parlemen pada Jumat (17/5), Zelenskyy menandatangani RUU tersebut menjadi UU pada 16 April. Parlemen Ukraina menyetujui UU tersebut pada Senin (11/5). dan akan mulai berlaku hari ini (18/5).

UU tersebut mengamandemen hukum pidana Ukraina dan UU lainnya untuk memperkenalkan ‘lembaga pembebasan bersyarat bagi orang-orang yang menjalani hukuman karena partisipasi langsung mereka dalam membela negara, melindungi kemerdekaan dan integritas wilayah’.

Aturan tersebut juga bertujuan menambah pasukan Ukraina yang terkuras jumlahnya akibat konflik bersenjata dengan Rusia selama dua tahun terakhir.

Regulasi itu mewajibkan semua warga Ukraina yang wajib militer untuk melapor ke kantor wajib militer dalam waktu 60 hari setelah UU diberlakukan.

Kondisi darurat militer diberlakukan di Ukraina pada 24 Februari 2022. Sehari setelahnya, Zelenskyy menandatangani dekrit tentang mobilisasi umum.

Selanjutnya, darurat militer dan mobilisasi terus diperluas sejak saat itu. Pada 9 Mei, Presiden Ukraina menandatangani UU untuk memperpanjang mobilisasi dan darurat militer di negara tersebut selama 90 hari lagi.

Di bawah kondisi darurat militer, pria berusia 18 hingga 60 tahun dilarang meninggalkan Ukraina.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...