Kerusuhan di Prancis, Massa Protes Polisi Tembak Remaja Hingga Tewas

Agustiyanti
28 Juni 2023, 12:46
prancis, penembakan, kerusuhan
ANTARA FOTO/REUTERS/Sarah Meyssonnier/WSJ/sad.
Ilustrasi. Aksi polisi menembak remaja hingga tewas memicu kerusuhan di Prancis.

Bentrokan pecah antara pengunjuk rasa dan polisi menyusul kemarahan publik atas penembakan yang menewaskan seorang remaja berusia 17 tahun di Nanterre, pinggiran Paris, Prancis. Pemuda yang ditembak tersebut diduga tak mematuhi perintah polisi yang meminta untuk menghentikan mobilnya.

Jaksa penuntut mengatakan, remaja itu sedang mengendarai mobil sewaan di pinggiran barat Paris pada Selasa pagi ketika polisi menghentikannya karena melanggar beberapa peraturan lalu lintas. 

Sebuah video yang beredar di media sosial, yang telah diautentikasi oleh kantor berita Prancis AFP, menunjukkan bagaimana dua petugas polisi berusaha menghentikan kendaraan remaja tersebut. Salah satu petugas menodongkan senjatanya ke pengemudi melalui jendela dan menembak dari jarak dekat ketika pemuda tersebut terlihat terus mengemudi. Mobil itu kemudian bergerak beberapa puluh meter sebelum menabrak.

Remaja tersebut sempat mendapatkan pertolongan darurat di tempat kejadian tetapi meninggal tak lama kemydian. 

Penduduk setempat mengadakan protes di luar markas polisi. Ketegangan meningkat pada Selasa malam antara polisi dan demonstran.  Menurut video yang disiarkan di media lokal, para demonstran menyalakan api, membakar mobil, menghancurkan halte bus dan melemparkan petasan ke arah polisi yang membalas dengan gas air mata dan granat dispersi.

Petugas berwenang mengatakan, sembilan orang ditangkap dalam konfrontasi tersebut, kata pihak berwenang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...