Profil Luis Suarez, Legenda Barcelona yang Meninggal Dunia

Anggi Mardiana
11 Juli 2023, 12:29
Profil Luis Suarez
Sport.republika.co.id
Ilustrasi, profil Luis Suarez Miramontes.

Luis Suarez dikenal sebagai pesepak bola Spanyol, Legenda Barcelona. Ia dikabarkan meninggal dunia pada hari Minggu, 9 Juli 2023 oleh pihak klub melalui keterangan tertulis di situs resminya. Ia meninggal di usia 88 tahun.

Dalam sejarah sepakbola Spanyol, Luis Suarez menjadi salah satu pemain terbaik dan menjadi bagian penting dari Barcelona pada era 1950-an. Pesepak bola legendaris, Luis Suarez juga pernah menjadi bagian dari Inter Milan, raksasa Serie A Liga Italia.

Biodata Luis Suarez

Biodata Luis Suarez
Biodata Luis Suarez (Sumatera.suara.com)

Berkat penampilan apiknya bersama Barcelona, Luis Suarez pernah mencetak 61 gol dari total 122 pertandingan. Luis Suarez juga pernah mengantarkan tim nasional (timnas) Spanyol menjadi juara piala Eropa setelah berhasil mengalahkan Uni Soviet di partai final dengan skor 2-1 pada 1964.

Adapun, berikut ini biodata Luis Suárez

  • Nama Lengkap: Luiz Suárez Miramontes
  • Nama Panggilan: Luis Suárez
  • Kelahiran: 2 Mei 1935
  • Umur: 88 Tahun
  • Kebangsaan: Spanyol
  • Tahun Mengawali Karier: 1953
  • Tahun Mengakhiri Karier: 1973
  • Saudara Kandung: Jose Suarez Miramontes

Perjalanan Karier Luis Suarez

Profil Luis Suarez Terkait Perjalanan Kariernya
Profil Luis Suarez Terkait Perjalanan Kariernya (Tangerang.tribunnews.com)

Karier Luis Suarez tergolong moncer di dunia sepak bola. Menjadi andalan Barcelona, kiprahnya di Serie A juga berbuah manis. Bersama Barcelona ia menjurai dua kali Liga Spanyol, sementara bersama Nerazzurri (julukan Inter Milan), ia memenangkan tiga kali Serie A dan Liga Champion, yang saat itu masih bernama European Cup. Berikut ini perjalanan karier Luis Suarez selengkapnya.

1. Perjalanan Awal Karier Luis Suarez

Luis Suarez lahir di A Coruna, Galicia, Spanyol pada tanggal 9 Juli 2023. Ia bisa bermain di posisi gelandang serang dan sisi sayap kanan. Suarez tinggal di Avenida de Hercules yaitu daerah yang mayoritas dihuni oleh masyarakat kelas pekerja.

Suarez memulai kiprah sebagai pesepak bola profesional pada tahun 1953. Saat itu, Luis memainkan 17 pertandingan dan berhasil mencetak 3 gol ketika memperkuat klub Deportivo de La Coruna.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...