India Bernegosiasi dengan Negara ASEAN untuk Perdagangan Listrik EBT

Image title
23 Juli 2023, 15:37
listrik, EBT
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nym.
Ilustrasi, foto udara kincir angin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/5/2023).

India sedang dalam pembicaraan dengan beberapa negara anggota ASEAN untuk perdagangan lintas batas listrik energi terbarukan. Ini untuk membangun keterkaitan jaringan baik di bawah laut maupun di darat.

Langkah ini akan membantu memperluas penjualan listrik lintas batas oleh India. Saat ini, terdapat interkoneksi lintas batas dengan Nepal, Bangladesh, Bhutan, dan Myanmar, dan ini memfasilitasi transfer daya total sekitar 4.423 mega watt (MW). India juga mempertimbangkan kekuatan perdagangan dengan negara-negara Asia Barat, termasuk Uni Emirat Arab.

Mengutip Financial Express, saat India dalam diskusi lanjutan dengan Singapura untuk menandatangani kesepakatan untuk meletakkan interkoneksi langsung di bawah laut untuk perdagangan energi terbarukan.

Pejabat di Kementerian Energi India juga mengadakan diskusi terpisah dan bersama dengan negara-negara anggota ASEAN, seperti Singapura, Malaysia, Myanmar, Indonesia dan Thailand, pada pertemuan Menteri Energi Bersih G20 yang berlangsung di Goa.

Beberapa putaran diskusi sudah berlangsung, antara lain terkait pembangunan interkoneksi jaringan listrik regional, serta menyiapkan tautan jaringan dengan Myanmar, yang diperkirakan akan memakan waktu empat tahun.

Analis percaya pengaturan yang akan datang dengan negara-negara Asia Tenggara mencerminkan hubungan diplomatik India yang tumbuh di kawasan itu, dan menandakan niatnya untuk menjadi produsen besar energi terbarukan. India, yang saat ini memiliki kapasitas energi terbarukan sebesar 177 giga watt (GW), berencana meningkatkan menjadi 500 GW pada 2030.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...