Penjualan Tiket Film Barbie Tembus Rp 15 T, Ini Strategi Marketingnya

Tia Dwitiani Komalasari
7 Agustus 2023, 07:37
Sinopsis Barbie
mattel.com
Sinopsis Barbie

Penjualan tiket box-office film Barbie mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun di seluruh dunia sejak debutnya lebih dari dua minggu lalu. Hal itu diumumkan Warner Bros Pictures pada Minggu (8/7).

Dalam sebuah pernyataan, Warner Bros. mengatakan film tersebut meraup US$ 459 juta dari bioskop domestik dan US$ 572,1 juta dari luar negeri selama akhir pekan, dengan total US$ 1,0315 miliar. Angka tersebut dikonfirmasi oleh perusahaan analitik media Comscore.

"Sebagai kepala distribusi, kami tidak sering dibuat terdiam oleh kinerja film, tetapi Barbillion bahkan telah menghancurkan prediksi kami yang paling optimis," kata Jeff Goldstein, presiden distribusi domestik untuk Gambar Warner Bros., dan Andrew Cripps, presiden distribusi internasional, seperti dikutip dari Reuters, Senin (7/8).

Film Barbie ditulis dan disutradarai nominasi Oscar Greta Gerwig.  Margot Robbie sebagai produser, membintangi film ini beserta Ryan Gosling sebagai Barbie dan Ken. Film ini mengirimkan boneka ikonik Mattel Inc (MAT.O) dalam petualangan ke dunia nyata.

Sinopsis Barbie
Sinopsis Barbie (mattel.com)

Penjualan tiket film Barbie menduduki peringkat kedua tahun ini setelah "The Super Mario Bros", yang dirilis pada bulan April dan meraup total US$ 1,357 miliar di box office.

 Warner Bros menyebut film Barbie memecahkan rekor untuk pembukaan perdana terbesar di AS pada 2023. Film yang menghabiskan US$ 145 juta ini juga mencetak penayangan perdana terbesar untuk kategori film yang disutradarai perempuan.

Strategi Marketing Film Barbie

Kesuksesan Barbie tak lepas dari promosinya yang telah hadir jauh sebelum film ini menyapa penonton di bioskop. Barbie bahkan berkolaborasi dengan lebih dari 100 merek barang konsumen di berbagai negara, mulai dari pakaian hingga Burger.

Merek ini meliputi pakaian Gap, koper Beis, sepatu Superga, sepatu roda Skatehut, aksesoris Fossil, hingga burger Burger King.

Halaman:
Reporter: Dzulfiqar Fathur Rahman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...