Tiba di Afrika Selatan, Jokowi Akan Hadiri KTT BRICS

Ameidyo Daud Nasution
24 Agustus 2023, 09:27
Presiden Joko Widodo saat tiba di Johannesburg, Afrika Selatan, Rabu (24/8). Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo saat tiba di Johannesburg, Afrika Selatan, Rabu (24/8). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo tiba di Johannesburg, Afrika Selatan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS. Pesawat Garuda Indonesia yang membawa Jokowi serta rombongan mendarat di Bandara Internasional O.R. Tambo, Johannesburg pada pukul 17.00 waktu setempat.

Dikutip dari Antara, Jokowi disambut oleh Menteri Kehutanan, Perikanan, dan Lingkungan Afrika Selatan Barbara Creecy serta Manajer Senior Departemen Hubungan Internasional dan Kerjasama (DIRCO) Afsel Sindiswa Mququ. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Afsel Saud Purwanto Krisnawan.

Lepas penyambutan, Jokowi dan rombongan meluncur ke hotel tempatnya bermalam di Johannesburg. Tiba di hotel, Presiden disambut oleh Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi menghadiri KTT tersebut dalam kapasitasnya sebagai Ketua ASEAN 2023. Oleh karena itu, Bey menegaskan kehadiran Jokowi bukan sinyal bergabungnya Indonesia ke dalam BRICS.

"Kehadiran Bapak Presiden di KTT tidak ada kaitan sama sekali dengan status keanggotaan Indonesia di BRICS," kata Bey kepada wartawan, Selasa (22/8).

Seperti diketahui, BRICS merupakan asosiasi lintas negara yang beranggotakan Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan. Adapun, KTT BRICS di Afrika Selatan dijadwalkan pada 22-24 Agustus 2024.

Sebelumnya, Jokowi belum menegaskan keinginan pemerintah untuk bergabung ke dalam BRICS. "Nanti diputuskan (keputusan bergabung BRICS)," saat Jokowi ditanya awak media di Indonesia Arena, Jakarta, Senin (7/8).


Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...