Polusi Udara di Asia Selatan Pangkas Harapan Hidup hingga 5 Tahun

Nadya Zahira
30 Agustus 2023, 10:02
Polusi Udara di Asia Selatan Pangkas Harapan Hidup hingga 5 Tahun
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor berjalan tersendat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Meningkatnya polusi udara dapat memangkas harapan hidup orang yang tinggal di Asia Selatan sampai lima tahun. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada Selasa (29/8) tercatat bahwa Asia Selatan adalah salah satu wilayah paling tercemar di dunia. 

Wilayah itu mencakup negara-negara paling tercemar di dunia seperti Bangladesh, India, Nepal, dan Pakistan. Keempat negara tersebut menyumbang lebih dari separuh total tahun hidup yang hilang secara global akibat polusi.

Hal itu diungkap Energy Policy Institute (EPIC) dari University of Chicago dalam laporan terbarunya yang berjudul Air Quality Life Indeks Kehidupan Kualitas Udara.

Dikutip dari Reuters Rabu (30/8), industrialisasi yang cepat dan pertumbuhan penduduk telah berkontribusi terhadap penurunan kualitas udara di Asia Selatan. Di mana tingkat polusi partikulat saat ini 50% lebih tinggi dibandingkan dengan awal abad 20. Sehingga bahaya yang ditimbulkan terhadap kesehatan akan jauh lebih besar.

Selain itu, Bangladesh adalah negara yang paling tercemar di dunia. Sehingga penduduknya akan kehilangan 6,8 tahun hidup rata-rata per orang, dibandingkan dengan 3,6 bulan di Amerika Serikat. Hal ini menurut penelitian yang menggunakan data satelit untuk menghitung dampak pencemaran udara terhadap harapan hidup.

Tak hanya itu, menurut laporan tersebut India bertanggung jawab atas sekitar 59% dari peningkatan polusi di dunia sejak tahun 2013. Udara yang kotor akan semakin memperpendek usia di beberapa wilayah yang paling tercemar di negara ini. 

Sementara di New Delhi yang padat penduduknya, kota besar yang paling tercemar di dunia, rata-rata usia hidup berkurang lebih dari 10 tahun.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...