Cetak Rekor Curah Hujan Tertinggi Sejak 1884, Hong Kong Lumpuh

Image title
9 September 2023, 09:00
Ilustrasi badai hujan di Hong Kong.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.
Ilustrasi badai hujan di Hong Kong.

Hong Kong mengalami curah hujan terburuk dalam 140 tahun terakhir sejak Kamis (7/9). Akibatnya, banjir bandang mengubah jalanan Hong Kong dan melumpuhkan seluruh aktivitas di kota tersebut.

Mengutip dari South China Morning Post, Biro cuaca Hong Kong mengeluarkan peringatan black rainstrom untuk pertama kalinya sejak Oktober 2021. Peringatan diumumkan secara intens selama lebih dari 12 jam pada siang hari dan tercatat sebagai peringatan terlama sejak 1999 yang saat itu berlangsung selama lima jam 47 menit.

Sementara itu, Observatorium Hong Kong mencatat curah hujan mencapai lebih dari 158 milimeter antara pukul 23.00, Kamis malam, waktu setempat. Angka itu tercatat sebagai curah hujan per jam tertinggi di Hong Kong sejak 1884.

Sebanyak 132 orang, berusia 8-94 tahun, dirawat di rumah sakit dan seluruh aktivitas dihentikan, termasuk perdagangan di bursa saham. Pemerintah Hong Kong memberikan imbauan atau desakan kepada para pengusaha untuk mengatur kebijakan bekerja di bawah badai topan.

Seluruh kegiatan sekolah di Hong Kong diliburkan pada Jumat demi keselamatan anak-anak sekolah. Sejumlah gangguan transportasi terjadi akibat banjir yang merendam beberapa stasiun dan jalur lintasan kereta. Perusahaan MTR menghentikan layanan antara Shek Kip Mei dan Choi Hung karena banjir di dekat bagian Wong Tai Sin di jalur Kwun Tong.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...