9 Contoh Dinasti Politik di Dunia, Ada AS hingga Sri Lanka

Annisa Fianni Sisma
18 Oktober 2023, 18:13
Contoh Dinasti Politik di Dunia
Britannica.com
Ilustrasi, John F. Kennedy Sebagai Salah Satu Contoh Dinasti Politik di Dunia

Dinasti politik adalah kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang yang terikat dalam hubungan keluarga. Istilah ini merujuk pada singkatnya pemerintahan dengan setiap pemerintah merupakan satu keluarga.

Dinasti politik telah diterapkan di berbagai negara di dunia. faktor yang melatarbelakanginya dan cara penentuannya juga beragam.

Berkaitan dengan hal tersebut, menarik mengetahui contoh dinasti politik di dunia. Simak berbagai dinasti politik yang telah ada di dunia dalam uraian berikut.

Contoh Dinasti Politik di Dunia

Negara-negara dengan berbagai sistem pemerintahan dan pemilihan umum juga terkadang memunculkan kekuasaan dinasti. Berikut ini contoh dinasti politik yang pernah ada di dunia.

Contoh Dinasti Politik di Dunia
Contoh Dinasti Politik di Dunia (Britannica.com) 

1. Dinasti Kennedy

Dinasti yang dikenal di seluruh dunia salah satunya adalah Kennedy. Awalnya, Joseph Kennedy, selaku senior kaya raya dan Rose Fitzgerald yang merupakan putri Wali Kota Boston ingin anaknya menjadi seorang pemimpin.

Usai berkarir sebagai Komisioner Security and Exchange Commision, Joseph Kennedy menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Inggris. John Kennedy, sang anak pun turut andil sebagai Sekretaris sang ayah.

Sebenarnya, mereka ingin mengajukan anak tertuanya, Joe Kennedy sebagai Kongres lalu Presiden. Namun rencana itu gagal dan kemudian John yang memenuhi ambisi tersebut.

John F. Kennedy menjadi presiden termuda sebab ia menjadi presiden AS pada usia 35 tahun. Ketika menjabat sebagai presiden, John menempatkan Robert Kennedy sebagai Jaksa Agung dan Edward Kennedy sebagai Senat Massachusetts.

2. Dinasti Abdul Razak

Dinasti politik di Malaysia ini dilakukan oleh keluarga Abdul Razak. Perdana Menteri ke-6 Malaysia, Najib Tun Abdul Razak ternyata adalah anak dari Abdul Razak Hussein dan Rahah Mohammad Noah.

Kakek Najib merupakan Perdana Menteri ke-2 Malaysia, Tun Abdul Razak. Najib juga merupakan keponakan Perdana Menteri ke-3 Malaysia, hussein Onn.

3. Dinasti Bhutto

Dinasti Bhutto merupakan dinasti di Pakistan. Benazir Bhutto merupakan anak dari Zulfiqar Ali Bhutto. Zulfiqar merupakan presiden dan perdana menteri.

Kepemimpinannya berakhir karena kudeta. Zulfiqar pun dihukum gantung oleh Jenderal Zia Ul Haq yang membuat keluarga Bhutto mengasingkan diri.

Sebelum Pemilu 1988, Benazir pergi ke Pakistan. Benazir kemudian memenangkan pemilu dan memimpin Pakistan.

Sayangnya, kepemimpinannya harus berhenti karena muncul isu korupsi. Benazir pun harus diasingkan selama 11 tahun kemudian ia kembali ke Pakistan dan mencoba maju dalam politik.

Namun, Benazir terbunuh karena ledakan bom. Sanga nak, Bilawal Bhutto Zardari mencoba mengembalikan dinasti Bhutto ke Pakistan tetapi gagal.

Contoh Dinasti Politik di Dunia
Jawaharlal Nehru dan Indira Gandhi - Contoh Dinasti Politik di Dunia (Britannica.com) 

4. Dinasti Nehru-Gandhi

Pemerintahan pusat Negeri Gangga dikuasai keluarga Nehru-Gandhi pasca kemerdekaannya. Jawaharlal Nehru merupakan Perdana Menteri ke-1 India pada 1947 hingga 1964.

Jawaharlal Nehru adalah anak dari Motilal Nehru selaku pejuang kemerdekaan India. Jawaharlal Nehru juga merupakan ayah dari Indira Gandhi. Nama Gandhi itu diperoleh dari suaminya dan tidak memiliki kaitan dengan Mahatma Gandhi.

Indira menjadi Perdana Menteri selama 4 periode. Namun kemudian Indira tewas karena ditembak pada 1984.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...