Mendagri Inggris Dipecat Akibat Tuduh Polisi Bias Atasi Demo Palestina

Muhamad Fajar Riyandanu
14 November 2023, 05:30
Suella Braverman
Instagram @suellabraverman
Suella Braverman

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memecat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Suella Braverman pada Senin (13/11). Pemerintah Inggris mengatakan pada hari ini Braverman telah meninggalkan pekerjaannya sebagai Mendagri.

Adapun posisi Mendagri saat ini diisi oleh James Cleverly yang sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri. Sementara jabatan menteri luar negeri saat ini diduduki oleh mantan Perdana Menteri Inggris periode 2010-2016, David Cameron.

Pemecatan Braverman bermula saat dirinya menulis artikel untuk harian Times pada Kamis pekan lalu. Dalam artikel tersebut, Braverman menuding petugas kepolisian menerapkan standar ganda atau bias politik dalam menangani demonstran ekstremis sayap kanan dan massa aksi Pro - Palestina di Inggris.

Dalam artikel tersebut, Braverman mengatakan massa pro - Palestina sebagian besar diabaikan oleh petugas, bahkan ketika mereka melanggar hukum. Sementara petugas polisi dianggap lebih keras terhadap massa aksi sayap kanan.

Artikel Braverman ditulis sebagai tanggapan atas pengumuman pada hari Rabu (8/11) oleh komisaris polisi metropolitas, Sir Mark Rowley, bahwa dia tidak memiliki alasan untuk melarang demonstrasi yang akan berlangsung pada hari gencatan senjata alias armistice day.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...