WHO Temukan Kuburan Massal Korban Serangan Israel di RS Al-Shifa

Happy Fajrian
19 November 2023, 19:58
israel, palestina, gaza, who
Katadata
Konflik Palestina - Israel meningkat.

Sebuah tim penilai kemanusiaan mengunjungi Rumah Sakit Al Shifa di Gaza utara dan melihat tanda-tanda penembakan dan tembakan. WHO menyebut fasilitas kesehatan tersebut sebagai “zona kematian”.

Tim yang dipimpin WHO, yang terdiri dari para ahli kesehatan masyarakat, petugas logistik dan staf keamanan dari berbagai departemen PBB, hanya dapat menghabiskan waktu satu jam di dalam rumah sakit pada hari Sabtu karena masalah keamanan, kata WHO dalam sebuah pernyataan.

Tim tersebut menggambarkan rumah sakit tersebut sebagai “zona kematian” dan mengatakan situasinya “mendesak”, dimana rumah sakit pada dasarnya tidak berfungsi sebagai fasilitas medis karena kelangkaan air bersih, bahan bakar, obat-obatan dan kebutuhan penting lainnya.

“Tanda-tanda penembakan dan tembakan terlihat jelas. Tim melihat kuburan massal di pintu masuk rumah sakit dan diberitahu bahwa lebih dari 80 orang dimakamkan di sana,” kata WHO seperti dikutip Reuters, Minggu (19/11).

Dalam laporannya WHO menyebut lorong-lorong dan halaman rumah sakit dipenuhi dengan limbah medis dan padat, dan pasien serta staf kesehatan menyatakan ketakutannya terhadap kesehatan dan keselamatan mereka.

Terdapat 25 petugas kesehatan dan 291 pasien, termasuk 32 bayi dalam kondisi kritis, yang masih berada di Al Shifa. “WHO dan mitranya segera mengembangkan rencana untuk segera mengevakuasi pasien yang tersisa, staf dan keluarga mereka,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...