Jerman Kritik Tindakan Israel di Tepi Barat, Ancam Cabut Dukungan

Happy Fajrian
19 November 2023, 13:36
israel, palestina, konflik israel palestina, jerman
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/wsj.
Kanselir Jerman Olaf Scholz mengkritik kebijakan pemukiman Israel di Tepi Barat Palestina, dan menyerukan solusi dua negara.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengkritik kebijakan pemukiman Israel di Tepi Barat yang berhasil diduduki pada Sabtu (18/11). Ia mengulangi seruan untuk solusi dua negara bagi Israel dan Palestina.

“Kami tidak ingin ada pemukiman baru di Tepi Barat, tidak ada kekerasan yang dilakukan pemukim terhadap warga Palestina di Tepi Barat,” kata Scholz seperti dikutip Reuters pada Minggu (19/11).

Dia menegaskan bahwa solusi terbaik bagi Israel dan Palestina adalah solusi dua negara. “Jika beberapa pihak dalam politik Israel menjauhkan diri dari hal ini, kami tidak akan mendukung mereka,” ujarnya.

Selain itu Scholz juga menekankan pentingnya bantuan kemanusiaan Jerman bagi Palestina. “Jerman tidak hanya berada di pihak Israel, namun bersama dengan Amerika Serikat (AS), Jerman merupakan donor bantuan kemanusiaan terbesar bagi Palestina,” ujarnya.

“Bukan negara-negara yang berada di lingkungan tersebut, meskipun beberapa di antaranya sangat kaya,” ujarnya merujuk pada negara-negara Arab. “Kamilah yang memungkinkan sekolah dan rumah sakit dijalankan di sana”.

Otoritas Palestina Harus Memerintah Jalur Gaza dan Tepi Barat

Sementara itu Presiden AS Joe Biden menyatakan pemerintah Palestina pada akhirnya harus memerintah jalur Gaza dan Tepi Barat setelah perang antara Israel dan Hamas berakhir. Biden sebelumnya menyebut upaya Israel menduduki Gaza adalah kesalahan besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...