Penyebab Ledakan di RS Al Ahli Diduga Roket Salah Sasaran Hamas

Safrezi Fitra
27 November 2023, 13:24
rs al ahli, penyebab ledakan di rs al ahli, rumah sakit al ahli, rumah sakit di gaza, israel, hamas, palestina
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Human Rights Watch (HRW) memperkuat pernyataan Israel terkait ledakan yang terjadi di sebuah rumah sakit di Gaza pada 17 Oktober. Menurut HRW, bukti menunjukkan roket yang salah sasaran kemungkinan menjadi penyebab ledakan yang mengakibatkan banyak korban jiwa di rumah sakit tersebut.

“Ledakan yang menewaskan dan melukai banyak warga sipil di Rumah Sakit Arab Al-Ahli di Gaza pada 17 Oktober 2023, tampaknya disebabkan oleh amunisi berpeluncur roket, seperti yang biasa digunakan oleh kelompok bersenjata Palestina,” kata HRW, seperti dikutip Reuters, Senin (27/11).

HRW mengklaim memiliki bukti atas pernyataan mereka. Temuan penyelidikannya terhadap ledakan tersebut didasarkan pada tinjauan foto dan video, citra satelit dan wawancara dengan para saksi dan ahli.

Pejabat senior Hamas Basem Naim mengatakan kepada Reuters bahwa semua indikasi menunjukkan tanggung jawab Israel. Dia juga mengungkapkan bahwa laporan HRW bias terhadap Israel dan tidak menentukan fakta yang ada.

“HRW belum memberikan bukti apa pun untuk mendukung temuan mereka atau kesaksian saksi mata atau pendapat mengenai ekspor militer independen,” katanya, seraya menambahkan bahwa Hamas menerima pertanyaan dari HRW dua minggu lalu namun memintanya untuk menunda laporannya hingga perang usai. berakhir.

Ledakan di rumah sakit Al-Ahli adalah salah satu insiden paling kontroversial dalam perang yang ditandai dengan tuduhan disinformasi dan kejahatan perang dari kedua belah pihak. Palestina menyalahkan serangan udara Israel, sementara Israel mengatakan serangan itu disebabkan oleh peluncuran roket Palestina yang salah sasaran.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...