Dalih Israel Serang Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Safrezi Fitra
21 November 2023, 15:32
Alasan Israel Serang Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Israel Serang Rumah Sakit Indonesia, Israel Kepung Rumah Sakit Indonesia
mer-c.org
Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Untuk kesekian kalinya Israel menyerang rumah sakit (RS) di Gaza. Setelah pekan lalu membombardir rumah sakit terbesar di Gaza, Al Shifa, kini tentara Israel kembali menyerang RS Indonesia.

Direktur Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza Mohammad Zakkout, mengatakan situasi di fasilitas medis tersebut lebih buruk dari RS Al Shifa di Gaza. "Apa yang terjadi di sini lebih buruk dari yang terjadi di Rumah Sakit Al Shifa," ujarnya seperti dikutip Middle East Eye, Senin (20/11).

Pekan lalu, pasukan tentara Zionis telah menyerang kawasan sekitar RS Indonesia di jalur Gaza. Kini, sejak Minggu (19/11), mereka mengepung rumah sakit tersebut. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan penembak jitu dari Israel menargetkan orang-orang yang berada di dalam atau sekitar rumah sakit.

Sejak 7 Oktober, saat Israel menggencarkan serangan udara ke Gaza, sudah beberapa kali ledakan terjadi di sekitar RS Indonesia. Namun, penyerangan dan pengepungan kali ini adalah yang terburuk.

Akibatnya, sebanyak 12 orang tewas, puluhan orang termasuk dokter luka-luka, dan ratusan warga lainnya terkepung dalam RS tersebut. Nyawa ribuan pasien, tenaga medis, dan pengungsi berada dalam risiko kematian akibat pemboman langsung dan berulang-ulang terhadap Rumah Sakit Indonesia.

Laporan terbaru dari AFP menyebutkan pada Selasa (21/11), situasi dilaporkan masih mencekam. Sebanyak 200 pasien dievakuasi dari rumah sakit dengan bantuan Palang Merah Internasional (IRC). Mereka dibawa dengan bus ke rumah sakit Nasser di kota selatan Khan Yunis. "Tentara Israel mengepung rumah sakit Indonesia," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Ashraf al-Qudra.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengutuk keras serangan Israel ke RS Indonesia Gaza. Terlebih serangan itu telah menewaskan sejumlah warga sipil. "Serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional," kata Retno dalam keterangan persnya.

Alasan Israel Menyerang Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Israel berdalih penyerangan dan pengepungan pasukannya ke Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza Palestina, karena rumah sakit tersebut dianggap sebagai tempat persembunyian kelompok militan Palestina, Hamas. Militer Israel mengatakan serangan ke RS Indonesia dilakukan untuk menanggapi serangan teroris yang lebih dulu dilakukan dari dalam rumah sakit tersebut.

Penasihat kebijakan luar negeri Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Ophir Falk, menegaskan serangan militer Israel ke RS Indonesia di Jalur Gaza Palestina sesuai hukum internasional. "Kami sepenuhnya mematuhi hukum internasional, dengan proporsionalitas, perbedaan, dan ada kebutuhan militer yang jelas untuk menghancurkan Hamas, dan itu lah yang kami lakukan," kata Falk kepada reporter Alex Marquardt dari CNN, Senin (20/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...