Indonesia Kembali Terpilih Menjadi Anggota Dewan IMO Kategori C

Image title
3 Desember 2023, 14:09
IMO
Pexels
Ilustrasi, aktivitas pengangkutan barang menggunakan kapal.

Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan Organisasi Maritim Internasional atau International Maritime Organization (IMO) Kategori C untuk periode 2024-2025. Kepastian ini diumumkan dalam Sidang Majelis IMO, Jumat (1/12) malam, di London, Inggris.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C ini, menunjukkan pengakuan dunia atas eksistensi Indonesia di sektor maritim internasional. Menurutnya, ini akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO.

"Mari kita manfaatkan momentum ini untuk melanjutkan pembangunan di sektor maritim, agar memberikan manfaat bagi masyarakat banyak," ujar Menhub dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (3/12).

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada delegasi Indonesia yang terlibat, atas upaya dan pendekatan diplomatis yang telah dilakukan untuk menyukseskan pencalonan Indonesia menjadi anggota Dewan IMO.

Pada kesempatan yang sama, Indonesia melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga berhasil kembali menjadi external auditor IMO periode 2024-2027.

Direktur Jenderal Perhubungan Antoni Arif Priadi menjelaskan, sebanyak 135 negara atau 80% dari total 175 negara, memberikan suaranya untuk Indonesia dalam pemilihan anggota Dewan IMO Kategori C melalui sistem voting.

"Ada 20 negara yang terpilih, termasuk Indonesia, dari total 24 negara yang mencalonkan menjadi anggota Dewan IMO Kategori C," kata Antoni.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...