Kadin Minta Penguatan Sektor Maritim lewat Kebijakan yang Pro-Bisnis

Michael Reily
14 November 2018, 18:05
Tangkapan Ikan Menurun Drastis
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Nelayan tradisional menarik jaring menggunakan jaring \"ered\" di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (14/3). Cuaca tidak menentu disertai angin kencang dan hujan deras menyebabkan hasil tangkapan ikan menurun, dari biasanya mendapatkan ikan enam hingga tujuh ton per hari, kini hanya memperoleh sekitar 10 kilogram per hari atau bahkan tidak mendapatkan ikan sama sekali. Kondisi tersebut menyebabkan sebagian nelayan di Pangandaran beralih profesi menjadi buruh bangunan atau buruh tani

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta penguatan industri kelautan dan perikanan melalui regulasi yang pro-bisnis. Hal itu diperlukan untuk mendorong daya saing dan potensi investasi di sektor maritim.

Permintaan mengenai regulasi yang mendukung daya saing dan produktivitas itu disampaikan Kadin kepada Badan Pembangunan Perencanaan Nasional (Bappenas) sebagai salah satu usulan yang bisa dipertimbangkan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Kami harap ada peningkatan investasi dan dukungan peraturan yang pro-bisnis,” kata Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (14/11).

(Baca: Susi Minta Eksportir Ikan Bisa Curi Kesempatan dari Perang Dagang)

Menurutnya, penyusunan RPJMN 2020-2024 juga harus menitikberatkan pada aspek peningkatan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya, penyediaan bahan baku dan logistik, upaya peningkatan devisa, serta penyerapan tenaga kerja. Namun, regulasi juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup.

Organisasi Pangan Agrikultur Dunia (FAO) memperkirakan pasar konsumsi makanan laut dunia tahun 2024 bakal mencapai 240 juta ton. Sementara pada 2017, produksi perikanan tangkap baru mencapai 6,8 juta ton dan produksi perikanan budidaya mencapai 16,1 juta ton.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...