Israel Temukan Terowongan Hamas Terbesar di Dekat Perbatasan Gaza

Safrezi Fitra
18 Desember 2023, 11:53
Israel temukan terowongan hamas, terowongan hamas, terowongan terbesar hamas, update perang israel, update palestina,
Antara
Konflik Israel - Hamas meningkat di Jalur Gaza.

Tentara Israel mengaku telah menemukan terowongan terbesar milik kelompok militan Palestina, Hamas, di dekat perbatasan Gaza. Kepala juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari memperkirakan panjang terowongan itu adalah 4 kilometer (km).

Panjang terowongan Hamas yang diklaim paling besar ini ini cukup untuk mencapai bagian utara Kota Gaza, yang pernah menjadi jantung pemerintahan Hamas dan sempat menjadi zona pertempuran yang saat ini sudah hancur. "Ini adalah terowongan terbesar yang kami temukan di Gaza… yang dimaksudkan untuk menargetkan penyeberangan (Erez),” kata Hagari, seperti dikutip Reuters (18/12).

Pada tanggal 29 Oktober, situs berita Israel Ynet melaporkan bahwa pasukannya membunuh beberapa pria bersenjata yang menyerang Erez, setelah mengakses daerah tersebut dari sebuah terowongan. Namun, Kantor Hagari tidak menanggapi pertanyaan apakah itu merujuk pada terowongan yang ditunjukkannya.

Perbatasan Erez yang berada di antara Gaza dan Israel adalah salah satu lokasi yang diserbu Hamas. Terowongan ini hanya berjarak 100 meter di selatan pos pemeriksaan, yang tersembunyi di dalam bukit pasir.

Militer Israel menunjukkan kepada wartawan titik keluar dari terowongan yang disebut sebagai proyek andalan Hamas. Terowongan ini membentang secara diagonal hingga kedalaman 50 meter, kemudian diperluas hingga memiliki tinggi dan lebar yang relatif 3 meter (10 kaki), dengan perlengkapan listrik.

"Jutaan dolar diinvestasikan dalam terowongan ini. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun terowongan ini... Kendaraan dapat melewatinya," kata Hagari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...