Israel akan Hentikan Serangan Darat di Gaza, Bersiap Perang Tahap 3

Happy Fajrian
24 Desember 2023, 08:56
israel, gaza, palestina, hamas, perang
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Israel dilaporkan bersiap untuk mengakhiri operasi militer darat di Jalur Gaza dalam beberapa pekan mendatang sebagai bagian dari perang tahap tiga melawan Hamas.

Israeli Public Broadcasting Corporation melaporkan dengan mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya bahwa tentara Israel sedang bersiap untuk melanjutkan perang ke tahap ketiga di Gaza, sesuai dengan pencapaian operasional.

“Fase ketiga mencakup mengakhiri operasi darat di Jalur Gaza, mengurangi pasukan tentara dan mendemobilisasi pasukan cadangan, melakukan serangan udara, dan membangun zona penyangga di perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza,” menurut sumber tersebut seperti dikutip Anadolu, Minggu (24/12).

Laporan tersebut mengklaim bahwa tentara telah mengambil kendali atas sebagian besar wilayah Jalur Gaza bagian utara, sementara mereka menghadapi kesulitan besar dalam bergerak maju di wilayah Jalur Gaza bagian selatan.

Setidaknya 472 tentara Israel telah tewas sejak dimulainya operasi darat di daerah kantong Palestina pada 27 Oktober, menurut angka militer Israel. Sementara Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan jumlah korban tewas akibat serangan Israel telah menembus angka 20.000 jiwa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...