Berani Janji Benahi Manchester United, Seberapa Kaya Jim Ratcliffe?

Ameidyo Daud Nasution
25 Desember 2023, 21:52
manchester united, jim ratcliffe, sepak bola
Manchester United
Pemilik Ineos Group Sir Jim Ratcliffe. Foto: Manchester United

Sir Jim Ratcliffe telah resmi membeli 25% saham Manchester United. Pemilik Ineos Group tersebut juga berjanji untuk menginvestasikan $300 juta atau sekitar Rp 4,6 triliun pada klub berjuluk Red Devils itu.

Kesepakatan tersebut mengakhiri spekulasi selama beberapa waktu belakangan. Sebelumnya, miliarder Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani usai keluarga Glazer mengumumkan sedang mencari opsi strategis pengelolaan United.

"Kami akan membawa pengetahuan global, keahlian dan talenta dari grup Ineos Sport yang lebih luas untuk membantu mendorong peningkatan lebih lanjut di klub," kata Ratcliffe, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Senin (25/12).

Ratcliffe nantinya akan bertanggung jawab atas operasional Manchester United sehari-hari meski keluarga Glazer masih menjadi pemilik saham mayoritas.

Namun siapa Jim Ratcliffe dan berapa banyak pundi-pundi finansialnya?

James Arthur Ratcliffe merupakan insinyur teknik kimia lulusan University of Birmingham. Pria kelahran 18 Oktober 1952 itu mengawali karir di perusahaan migas Esso sebelum bergabung dengan perusahaan ekuitas Advent International.

Tahun 1992, Ratcliffe membentuk perusahaan bernama Inspec dan berbisnis petrokimian dengan BP pada 1995. Tiga tahun kemudian, ia mendirikan INEOS dengan tujuan menguasai fasilitas pengolahan etilen oksida Inspec di Belgia.

Baik INEOS maupun pundi-pundi keuangan Ratcliffe tumbuh dari akuisisi beberapa bisnis kimia. Perusahaan ini sempat mengambilalih bisnis olahan kimia BP hingga BASF asal Jerman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...