Inflasi Argentina Capai 211,4%, Tertinggi Sejak 1990-an

Hari Widowati
12 Januari 2024, 13:20
Argentina kini menjadi negara Amerika Latin dengan inflasi tahunan tertinggi pada 2023, yakni mencapai 211,4%.
AFP/LUIS ROBAYO
Argentina kini menjadi negara Amerika Latin dengan inflasi tahunan tertinggi pada 2023, yakni mencapai 211,4%.
Button AI Summarize

Argentina kini menjadi negara Amerika Latin dengan inflasi tahunan tertinggi pada 2023, yakni mencapai 211,4%. Ini merupakan level inflasi tertinggi dalam tiga dekade terakhir atau sejak periode 1990-an.

Menurut Reuters, Argentina menggeser posisi Venezuela yang sebelumnya memegang rekor inflasi tahunan tertinggi di antara negara-negara Amerika Latin. Data LSM Venezuelan Observatory Finance menunjukkan inflasi tahunan Venezuela pada 2023 mencapai 193%.

Pada 2018, inflasi tahunan di Venezuela sempat mencapai 18.000% kemudian turun menjadi 9.586% pada 2019. Penurunan inflasi berlanjut menjadi sekitar 686% pada 2021 dan 234% pada 2022.

Meskipun ada keraguan mengenai data inflasi resmi Venezuela, konsultan Ecoanalitica juga memprediksi inflasi tahunan di negara tersebut mencapai 170% pada 2023. Bank sentral Venezuela mengatakan inflasi bulanan pada November hanya 3,5%. Selama sembilan bulan berturut-turut inflasi bulanan Venezuela berada dalam satu digit.

Pemerintah sosialis Venezuela telah melonggarkan kontrol mata uang, melonggarkan pembatasan impor, dan mendorong dolarisasi informal untuk mencoba menekan harga konsumen dalam beberapa tahun terakhir. Kebijakan tersebut secara bertahap membantu menurunkan inflasi.

Sementara itu, Indeks Harga Konsumen (IHK) Argentina telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, di tengah-tengah defisit fiskal yang dalam. Negara tersebut juga memiliki kepercayaan yang lemah terhadap mata uang peso lokal. Bank Sentral Argentina telah mencetak uang dalam jumlah besar untuk menopang pemerintah yang memiliki banyak utang.

Beban Berat Pemerintahan Milei

Presiden Argentina yang baru terpilih, Javier Milei yang beraliran libertarian, telah memperingatkan risiko hiperinflasi. Milei mendorong reformasi besar-besaran dan langkah-langkah penghematan yang keras untuk menjinakkan harga-harga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...