Israel Tolak Resolusi DK PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza

Safrezi Fitra
26 Maret 2024, 14:07
Israel Tolak Resolusi DK PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza, Israel menolak gencatan senjata
ANTARA FOTO/REUTERS/Raneen Sawafta/hp/cf
Button AI Summarize

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) akhirnya mengeluarkan resolusi terbaru terkait perang Israel dan Hamas di Gaza, Palestina. Resolusi tersebut menuntut adanya gencatan senjata di Gaza selama bulan Ramadan. Namun, Israel menentang resolusi tersebut dan menyatakan akan tetap melancarkan serangan ke Hamas.

Menteri Luar Negeri Israel Katz pada Senin mengatakan bahwa Tel Aviv tidak akan melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza meski telah ada resolusi DK PBB.

"Israel tidak akan melakukan gencatan senjata. Kami akan menghancurkan Hamas, dan akan terus bertempur sampai semua sandera kembali ke rumah," kata Katz dalam sebuah pernyataan di akun media sosial X miliknya.

Pemerintah Israel juga memberikan reaksi atas sikap Amerika Serikat (AS) yang abstain dan tidak menggunakan hak vetonya dalam sidang DK PBB, sehingga PBB menyetujui usulan gencatan senjata. Dalam sidang-sidang sebelumnya, AS mendukung Israel dan terkesan menentang adanya gencatan senjata di Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut kegagalan AS memveto resolusi tersebut merupakan kemunduran dari posisi sebelumnya. Hal ini akan merugikan Israel dan upaya mereka untuk membebaskan lebih dari 130 sandera yang masih ditahan Hamas gagal dilakukan.

Netanyahu juga mengumumkan pembatalan rencana kunjungan delegasi tingkat tinggi ke Washington, yang dijadwalkan untuk membahas rencana operasi militer Israel ke kota Rafah, Jalur Gaza bagian selatan.

"Menyoroti perubahan posisi Amerika, Perdana Menteri Netanyahu memutuskan bahwa delegasi tidak akan pergi," tegas kantor PM Israel dalam pernyataannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...