Hamas Tolak Proposal Gencatan Senjata Israel Tanpa Penghentian Agresi

Happy Fajrian
9 April 2024, 10:12
hamas, gaza, israel, gencatan senjata, palestina
Instagram @unitednation
Kondisi di Jalur Gaza, Palestina. Hamas telah menolak proposal gencatan senjata dari Israel.
Button AI Summarize

Hamas telah menolak syarat yang diajukan Israel dalam proposal gencatan senjata yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir. Proposal tersebut dinilai tidak memenuhi tuntutan faksi-faksi Palestina untuk menghentikan segala jenis agresi, termasuk rencana serangan Israel ke Rafah.

Namun, mengutip Reuters, Hamas mengatakan bahwa mereka akan mempelajari proposal dari Israel tersebut yang mereka nilai “instransigent” atau tidak ada kompromi, dan akan menyampaikan tanggapannya kepada mediator.

Penolakan ini lantaran Israel masih tetap pada rencananya untuk menginvasi Rafah. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahkan mengatakan bahwa tanggal untuk invasi ke Rafah, tempat perlindungan terakhir Gaza bagi pengungsi Palestina, sudah ditetapkan.

Israel dan Hamas mengirim tim ke Mesir pada Minggu (7/4) untuk melakukan pembicaraan yang melibatkan mediator Qatar dan Mesir serta Direktur CIA William Burns.

Kehadiran Burn menggarisbawahi meningkatnya tekanan dari sekutu utama Israel, Amerika Serikat, untuk mencapai kesepakatan yang akan membebaskan sandera Israel yang ditahan di Gaza dan memberikan bantuan kepada warga sipil Palestina akibat konflik selama enam bulan.

Namun pejabat senior Hamas Ali Baraka mengatakan, “kami menolak usulan terbaru Israel yang diberitahukan pihak Mesir kepada kami. Politbiro bertemu hari ini dan memutuskan hal ini,” seperti dikutip dari Reuters, Selasa (9/4).

Pejabat Hamas lainnya sebelumnya mengatakan bahwa tidak ada kemajuan yang dicapai dalam negosiasi tersebut. “Tidak ada perubahan dalam posisi pendudukan (Israel) dan oleh karena itu, tidak ada hal baru dalam perundingan di Kairo,” kata pejabat Hamas, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya. “Belum ada kemajuan.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...