Menhan Israel dan Amerika Bahas Gaza Usai Serangan ke Iran

Desy Setyowati
20 April 2024, 12:46
israel, amerika, gaza, iran,
ANTARA FOTO/REUTERS/Abir Sultan
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri untuk Pemerataan Sosial Gila Gamliel (ki) dan Sekretaris Kabinet Tzachi Braverman (ka) menghadiri rapat kabinet mingguan di kantor Netanyahu di Yerusalem, Minggu (1/12/2019).
Button AI Summarize

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berdikusi melalui telepon pada Jumat (19/4), membahas upaya menjaga stabilitas regional. Pembicaraan ini terjadi sehari setelah serangan Israel ke Iran.

Kedua menteri membahas perkembangan terbaru di Gaza, Palestina. “Selain itu,  langkah untuk mempercepat bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di Gaza," kata Juru bicara Dephan AS Mayjen Pat Ryder melalui pernyataan pers, Sabtu (20/4).

Austin dan Gallat kerap berbicara melalui telepon setelah Israel mulai menggempur Gaza pasca-serangan lintas-batas oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober 2023.

Media Amerika mengatakan, Israel melakukan serangan terbatas ke wilayah Iran pada Jumat dini hari (19/4). Namun belum ada tanggapan resmi dari Israel.

Otoritas Iran mengatakan, suara ledakan yang terdengar di Kota Isfahan merupakan akibat dari sistem pertahanan udara Iran yang menembaki benda mencurigakan.

Ketegangan meningkat antara Iran dan Israel pada Sabtu (13/4) setelah Iran melancarkan serangan drone dan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel sebagai balasan atas serangan 1 April terhadap konsulatnya di Suriah.

Serangan Israel pada 1 April itu menewaskan tujuh perwira militer Iran, termasuk dua komandan tinggi.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...