Kenapa Iran Serang Israel? Berikut Alasan dan 5 Senjata yang Dimiliki

Anggi Mardiana
22 April 2024, 15:02
Kenapa Iran Serang Israel
Unsplash
Kenapa Iran Serang Israel
Button AI Summarize

Israel melancarkan serangan udara terhadap Iran pada Jumat (19/4), sebagai tanggapan atas serangan rudal dan drone Teheran akhir pekan sebelumnya. Banyak kemudian yang bertanya, kenapa Iran serang Israel, yang membuat konflik di Timur Tengah semakin memanas.

Iran menyatakan, bahwa serangan udara terhadap Israel adalah tindakan pembelaan diri, yang dilakukan sebagai respons atas agresi militer Israel terhadap kantor konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada awal April 2024. Serangan tersebut, mengakibatkan tujuh Garda Revolusi Iran tewas, termasuk dua jenderal.

Menurut Kementerian Luar Negeri Iran, tindakan tersebut merupakan tanggapan pembalasan yang sah terhadap upaya Israel untuk memperluas eskalasi perang di Timur Tengah.

Kenapa Iran Serang Israel?

Israel Serang Iran
Kenapa Iran serang Israel (Unsplash)

Kementerian Luar Negeri Iran menegaskan, bahwa serangan tersebut sesuai dengan Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Mereka menyatakan bahwa tindakan defensif Iran bertujuan untuk membela diri, serta menunjukkan komitmen terhadap perdamaian, dan keamanan regional, serta internasional.

Kementerian luar negeri Iran juga menegaskan kesiapannya untuk mengambil tindakan lebih lanjut dalam mempertahankan kepentingannya jika diperlukan di masa depan. Mereka mengecam tindakan ilegal, dan genosida rezim Zionis terhadap bangsa Palestina, serta agresi militer rezim tersebut terhadap negara-negara di kawasan dengan tujuan memperluas konflik.

Garda Revolusi Iran (IRGC) melakukan serangan dengan pesawat nirawak (drone), dan roket ke Israel pada akhir pekan tersebut. Sistem pertahanan anti-misil Israel berhasil mengintersepsi sebagian besar serangan udara dari Iran, dan militer Israel menyatakan bahwa serangan hanya menyebabkan kerusakan pada salah satu pos militer mereka.

Sebanyak 31 orang dilaporkan mengalami luka akibat serangan tersebut, namun mayoritas mengalami luka ringan, dan tidak ada laporan mengenai warga yang menderita luka serius.

Layanan darurat Magen David Adom (MDA) menyatakan bahwa puluhan orang mengalami luka, dan kepanikan saat mencari perlindungan selama serangan drone, dan misil. Meskipun demikian, tidak ada laporan tentang cedera langsung yang disebabkan oleh serangan Iran menurut layanan darurat Israel pada hari Minggu (14/4).

Senjata Militer Iran yang Tidak Boleh Disepelekan

Senjata Iran
Senjata Iran (Unsplash)

Informasi yang tidak kalah penting dari alasan kenapa Iran serang Israel ialah senjata yang dimiliki oleh Iran. Kekuatan militer Iran tidak bisa diabaikan, berikut 5 senjata militer Iran yang tidak boleh disepelekan:

1. Rudal Balistik Shabab-4

Program rudal yang dikembangkan oleh Iran dengan Libya, dan Korea Utara menimbulkan kekhawatiran keamanan regional, dan global. Keberadaan beragam jenis senjata yang mampu mencapai sasaran di Israel, dan wilayah lainnya mengakibatkan ketegangan di Timur Tengah. Rudal-rudal seperti Shabab-4, dan Sejil 3 memiliki kemampuan yang mengkhawatirkan, dengan jangkauan yang mencapai ribuan kilometer.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...