Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Masuk dalam Daftar Buronan Rusia

Happy Fajrian
5 Mei 2024, 10:24
volodymyr zelensky, rusia, ukraina,
Reuters
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky masuk ke dalam daftar buronan pemerintah Rusia.
Button AI Summarize

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky masuk ke dalam daftar buronan pemerintah Rusia. Kantor berita negara Rusia, TASS, melaporkan bahwa Kremlin telah membuka kasus pidana terhadap Zelensky dan masuk ke dalam daftar orang yang dicari namun tidak memerinci lebih lanjut.

Kementerian Luar Negeri Ukraina merespons hal ini dengan menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri dapat ditangkap berdasarkan surat perintah Pengadilan Kriminal Internasional.

“Kami ingin mengingatkan Anda bahwa tidak seperti pengumuman Rusia yang tak berguna, perintah Pengadilan Kriminal Internasional untuk penangkapan diktator Rusia Vladimir Putin atas dugaan kejahatan perang adalah hal yang nyata dan dapat diterapkan di 123 negara,” kata Kemenlu Ukraina, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/5).

Mereka menyatakan bahwa pengumuman Rusia terkait Zelensky adalah bukti keputusasaan mesin negara dan propaganda Rusia yang tidak bisa memikirkan cara lain untuk menarik perhatian.

Rusia telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap sejumlah politisi Ukraina dan Eropa lainnya sejak dimulainya konflik dengan Ukraina pada Februari 2022.

Polisi Rusia pada Februari memasukkan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas, Menteri Kebudayaan Lithuania dan anggota parlemen Latvia ke dalam daftar orang yang dicari karena menghancurkan monumen era Soviet.

Rusia juga mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap jaksa Pengadilan Kriminal Internasional yang pada tahun lalu mengeluarkan surat perintah penangkapan atas kejahatan perang untuk Putin.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...