Hamas Sepakat Gencatan Senjata, Israel Tetap Serang Gaza

Safrezi Fitra
7 Mei 2024, 15:15
Hamas Sepakat Gencatan Senjata, Israel Tetap Serang Gaza
Instagram @unitednation
kondisi gaza
Button AI Summarize

Harapan warga Gaza untuk hidup tenang hampir terealisasi setelah Hamas menyetujui tawaran gencatan senjata untuk mengakhiri perang dengan Israel di Jalur Gaza. Namun, gencatan senjata masih belum jelas, karena Israel masih melakukan penyerangan.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh menyatakan persetujuan tersebut kepada Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel.

"Kini keputusan berada di tangan Israel, apakah mereka akan menyetujui proposal gencatan senjata atau menghalanginya," kata seorang pejabat senior Hamas seperti dikutip AFP, Senin (6/5).

Masalahnya, Israel tidak menyetujui sejumlah poin tawaran gencatan senjata dengan Hamas yang dimediasi oleh Mesir dan Qatar ini. Mengutip Al Arabiya, seorang pejabat Israel yang enggan disebutkan namanya mengatakan beberapa poin yang disetujui Hamas belum bisa diterima Israel.

Israel mengatakan persyaratan di proposal tersebut tidak memenuhi tuntutannya, salah satunya membebaskan semua sandera yang ditahan Hamas. Israel mengaku akan tetap melakukan negosiasi. Namun, hingga kini mereka masih terus melanjutkan serangan mematikan mereka di timur Rafah. Kota yang kini dipenuhi pengungsi di Gaza.

Setelah mengumumkan perintah evakuasi bagi 100 ribu warga di Rafah timur, serangan langsung dilakukan di lingkungan yang telah ditetapkan sebagai zona perang, ditandai dengan suar yang ditembakkan ke langit di wilayah timur Rafah.

"Kabinet perang memutuskan bahwa Israel tetap melanjutkan operasi di Rafah untuk memberikan tekanan militer terhadap Hamas guna mempercepat pembebasan para sandera kami dan tujuan-tujuan perang lainnya," kata pemerintah Israel dalam pernyataannya.

Serangan Israel sangat mengancam Palestina. Saat ini sekitar 1,5 juta warga Palestina berada di kota Rafah untuk menyelamatkan diri dari agresi Israel.

Dengan masih adanya serangan Israel, gencatan senjata di Gaza mungkin sulit terealisasi. Perundingan pun masih terus berjalan. Lantas, apa isi proposal gencatan senjata antara Hamas dan Israel yang difasilitasi Mesir dan Qatar?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...