Hamas Respons Positif Proposal Joe Biden untuk Gencatan Senjata Gaza

Happy Fajrian
1 Juni 2024, 14:41
gaza, hamas, israel, gencatan senjata, joe biden
Instagram Unitednations
Warga Palestina tinggal dalam penampungan UNRWA.
Button AI Summarize

Hamas merespons positif proposal gencatan senjata Gaza yang diajukan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Dalam proposal tersebut Biden mengusulkan gencatan senjata dilakukan dalam tiga fase.

Fase pertama melibatkan gencatan senjata sementara selama enam minggu dengan pasukan Israel akan mundur dari semua wilayah berpenduduk di Gaza. Kemudian Hamas akan membebaskan sandera, termasuk orang tua dan wanita.

Pembebasan sandera tersebut dengan imbalan pembebasan ratusan tahanan Palestina oleh Israel dan warga Palestina dapat kembali ke rumah mereka di Gaza, dan 600 per hari akan membawa bantuan kemanusiaan ke daerah tersebut.

Dalam fase ini Hamas dan Israel akan menegosiasikan gencatan senjata permanen yang menurut Biden akan berlangsung selama Hamas memenuhi komitmennya. Jika negosiasi berlangsung lebih dari enam minggu, gencatan sementara akan diperpanjang untuk melanjutkan negosiasi.

Pada fase kedua, Biden mengatakan akan ada pertukaran untuk semua sandera yang masih hidup, termasuk tentara pria, pasukan Israel akan mundur dari Gaza, dan gencatan senjata permanen akan dimulai.

Fase ketiga akan mencakup rencana konstruksi besar untuk Gaza dan pengembalian sisa-sisa sandera kepada keluarga mereka. “Sudah saatnya perang ini berakhir dan hari berikutnya dimulai,” kata Biden seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/6).

Hamas merespon positif proposal yang diajukan Biden. Hamas mengatakan siap untuk terlibat secara positif dan konstruktif dengan proposal apa pun yang didasarkan pada gencatan senjata permanen, penarikan pasukan Israel, rekonstruksi Gaza.

Termasuk pengembalian warga Palestina yang mengungsi ke rumahnya, dan kesepakatan pertukaran tahanan asli jika Israel dengan jelas mengumumkan komitmen terhadap kesepakatan tersebut.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan ia telah memberi wewenang kepada tim negosiasinya untuk menyampaikan kesepakatan tersebut, sambil menegaskan bahwa perang tidak akan berakhir sampai semua tujuannya tercapai.

“Termasuk pengembalian semua sandera kami dan penghancuran kemampuan militer dan pemerintahan Hamas," kata Netanyahu.

Secara terpisah, militer Israel mengatakan pasukannya telah mengakhiri operasi di wilayah Jabalia di Gaza utara setelah pertempuran sengit selama berhari-hari, sambil menyelidiki lebih jauh ke Rafah di Gaza selatan yang mereka sebut sebagai benteng pertahanan utama terakhir Hamas.

Biden meminta para pemimpin Israel untuk menolak tekanan dari mereka di Israel, yang menurut dia mencakup sejumlah orang dalam koalisi pemerintahan Israel, yang mendorong agar perang terus berlangsung tanpa batas waktu.

"Mereka ingin menduduki Gaza. Mereka ingin terus bertempur selama bertahun-tahun dan sandera bukanlah prioritas bagi mereka. Nah, saya telah mendesak para pemimpin di Israel untuk mendukung kesepakatan ini, terlepas dari tekanan apa pun yang datang," tambahnya.

Dia memohon kepada orang Israel untuk tidak melewatkan kesempatan untuk gencatan senjata. “Rakyat Palestina telah mengalami neraka dalam perang ini,” kata Biden. “Kita semua melihat gambar-gambar mengerikan dari kebakaran mematikan di Rafah awal minggu ini.”

“Sebagai satu-satunya presiden Amerika yang pernah pergi ke Israel pada saat perang, sebagai seseorang yang baru saja mengirim pasukan AS untuk secara langsung membela Israel ketika diserang oleh Iran, saya meminta Anda untuk mundur selangkah, pikirkan apa yang akan terjadi jika momen ini hilang,” katanya. “Kita tidak boleh kehilangan momen ini.”

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...