Argentina Juara Copa America, Pertandingan Ditunda Sejam Imbas Rusuh

Tia Dwitiani Komalasari
15 Juli 2024, 11:46
Lionel Messi menang lawan Kroasia di Piala Dunia 2022
Instagram @leomessi
Lionel Messi menang lawan Kroasia di Piala Dunia 2022
Button AI Summarize

Tim Nasional Argentina kembali memenangkan Copa America 2024 dengan mengalahkan Kolombia 1-0.  Negara tersebut berhasil menjadi juara bertahan dan memenangkan rekor gelar Copa America ke-16.

Babak pertama dan kedua pertandingan dilalui tanpa ada satu pun gol yang dicetak oleh kedua tim. Gol baru terjadi saat tambahan waktu babak kedua.

Dikutip dari Reuters, Senin (15/7), Martinez, pencetak gol terbanyak turnamen itu, memanfaatkan umpan terobosan dari Giovani Lo Celso sebelum melepaskan tembakannya melewati kiper Kolombia Camilo Vargas pada menit ke-112. Argentina pun berhasil mempertahankan kedudukan 1-0 hingga akhir pertandingan.

Gelar terbaru Argentina datang setelah kemenangan mereka di Piala Dunia 2022 dan Copa America 2021. Inimemberi pemenang Ballon d'Or delapan kali Lionel Messi perpisahan yang sempurna dalam turnamen internasional terakhirnya.

Lionel Messi Cedera dan Menangis

Argentina memasuki babak tambahan waktu tanpa pemain bintangnya, Lionel Messi. Sang bintang menderita cedera dan ditarik keluar pada menit ke-66.

Messi nampak menangis saat ditarik keluar lapangan. Pasalnya dia cedera ketika kedudukan kedua tim masih 0-0. Barulah saat Martinez menjebol gawang Kolombia, nampak secercah senyum di wajah pemain Inter Miami tersebut.

Tak hanya Messi, Gonzalo Montiel juga menjadi korban tingginya tensi di final setelah dirinya juga ditarik keluar karena cedera pada menit ke-72. Meski ditinggal dua pemainnya yang cedera, Argentina memasuki babak tambahan waktu dengan permainan tetap solid.

Lione Scaloni sebagai pelatih lalu memasukkan dua pemainnya pada babak ini, tepatnya pada menit ke-97 dengan menggantikan Julian Alvarez dan Enzo Fernandez untuk memasukkan Lautaro Martinez dan Giovani Lo Celso.

Diwarnai Kerusuhan

Pertandingan Final Copa America 2024 sempat ditunda selama sejam karena penonton ricuh di luar stadion.

"Diberitahukan pertandingan ini ditunda," ujar Panitia Penyelenggara dikutip dari X, Senin (15/7).

Kerusuhan penonton tersebut menyebabkan para pemain Argentina dan Kolombia terpaksa kembali ke ruang ganti pemain selagi melakukan pemanasan di lapangan Stadion Hard Rock.

Menurut penyelenggara, kekacauan terjadi karena para penonton yang tak memiliki tiket memaksa masuk stadion. Berdasarkan video yang beredar di X, penonton merangsek masuk melalui pagar maupun pipa saluran udara.

"Diimbau kepada yang tidak memiliki tiket untuk tidak masuk stadion. Hanya mereka yang sudah membeli tiket yang boleh masuk begitu akses dibuka," sambung penyelenggara.

Penundaan laga ini terjadi setelah ribuan pendukung menunggu di luar stadion.


Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...