8 Daya Tarik Wisata Guci Tegal untuk Rekreasi

Image title
19 Agustus 2021, 16:08
kawasan Wisata Guci Tegal, guci tegal, guci tegal pemandian air panas, Wisata di jawa tengah, wisata di tegal
dinparporakabtegal.sinau.co.id
Salah satu air terjun yang terletak di kawasan Wisata Guci Tegal

Wisata Guci Tegal adalah objek wisata yang berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tepatnya di Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter di atas permukaan laut dan berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Pemalang.

Guci terkenal dengan objek wisata Pemandian Air Panas Guci yang memanfaatkan potensi alam berupa pemandian air panas alami. Dari data Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal, secara administratif objek wisata Guci memiliki luas sekitar 167,44 hektare (ha) dengan panjang mencapai 2,5 kilometer (km) dan lebar 2 km.

Advertisement

Penggunaan lahan di kawasan objek wisata Guci dibagi menjadi lahan hutan, pemukiman, semak-semak, pertanian, dan ladang.  Kawasan hutan merupakan penggunaan lahan terbesar yakni mencapai 229.77 ha. Sedangkan untuk perkebunan sebesar 55.66 ha, untuk pertanian 131.03 ha, dan untuk pemukiman sebesar 55.66 ha.

Kawasan pemukiman di objek wisata Guci digunakan penduduk sekitar sebagai sarana penginapan, baik yang berupa hotel, pondok wisata atau villa. Letak penginapan tersebut tersebar mulai dari pinggir jalan pada jalur kedatangan hingga masuk pada kawasan objek wisata Guci.

Harga Tiket Masuk

Pada hari biasa (Senin-Jumat) tiket masuk kawasan wisata Guci Tegal untuk orang dewasa adalah Rp5.000 dan anak-anak adalah Rp 4.500. Sementara harga tiket masuk untuk hari libur atau tanggal merah untuk dewasa seharga Rp 7.000 dan anak-anak Rp 6.500. Harga tersebut sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja.

Legenda Pemandian Air Panas Guci

Menurut skripsi berjudul Objek Wisata Guci Dan Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Pekandangan Kelurahan Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun 1979-2005 yang ditulis oleh Yanti Sri Rejeki, ada legenda yang muncul di sekitar pemandian air panas Guci.

Wisata Guci biasanya ramai dikunjungi pada malam Jumat Kliwon karena ada tradisi yang diwariskan dan berkembang secara turun-temurun bagi masyarakat sekitar. Pemandian air panas Guci ramai dikunjungi saat malam Jumat pada jam 12 malam.

Masyarakat datang untuk mandi di pemandian karena masyarakat percaya pada saat malam Jumat Kliwon pukul 12 malam, patung naga yang terletak di samping pemandian pancuran 13 menjadi hidup dan dapat memberikan berkah bagi masyarakat yang mandi.

Daya Tarik Wisata Guci

1. Pancuran 13

Pancuran 13 adalah area pemandian yang memiliki 13 pancuran untuk mengalirkan air. Pemandian ini adalah dibangun oleh pemerintah setelah objek wisata Guci resmi dikelola. Jumlah pancuran yang cukup banyak menjadikan Pancuran 13 sebagai pemandian yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Masyarakat percaya bahwa air panas di objek wisata Guci ini dapat menyembuhkan segala macam penyakit, terutama penyakit kulit.

2. Pancuran 5

Pancuran 5 serupa dengan Pancuran 13, hanya saja jumlah pancurannya tidak sebanyak Pancuran 13. Areanya juga tidak seluas Pancuran 13. Pengunjung tetap dapat berendam di air panas meski harus bergantian karena tempat yang terbatas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement