Pentingnya Mengonsumsi Makanan Bergizi Saat Pandemi

Arofatin Maulina Ulfa
15 September 2021, 18:55
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna
pixabay.com
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan bergizi erat kaitannya dengan hidup yang sehat. Dengan pola makan yang menjaga kesimbangan antara protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral, kita bisa mengurangi berbagai risiko penyakit. 

Hal tersebut juga penting diterapkan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Selain menjalankan protokol kesehatan, menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi akan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Dalam jurnal berjudul "How Nutrition Can Help To Fight Against Covid-19 Pandemic" yang dipublikasikan di U.S. National Institutes of Health's National Library of Medicine, makanan dengan gizi seimbang akan menjamin kekuatan sistem kekebalan yang dapat membantu menahan serangan virus. 

Dalam jurnal tersebut juga dijelaskan pedoman makanan gizi seimbang untuk mencegah Covid-19, di antaranya:

1. Makan buah-buahan setiap hari seperti jambu biji, apel, pisang, stroberi, melon melon, jeruk bali, nanas, pepaya, jeruk, dengan ukuran porsi dua cangkir (4 porsi).

2. Makan sayuran segar seperti paprika hijau, bawang putih, jahe, kangkung, jeruk nipis, ketumbar, brokoli, cabai hijau dengan takaran 2,5 cangkir (5 porsi).

3. Makan biji-bijian dan kacang-kacangan. Sebanyak 180 gram biji-bijian seperti jagung yang belum diproses, gandum, beras merah, almond, kelapa, dan pistachio atau umbi-umbian seperti kentang, talas atau singkong.

4. Gunakan makanan dari sumber hewani misalnya ikan, ikan, telur, dan susu dan 160 gram daging. Adapun daging merah bisa dikonsumsi 1-2 kali seminggu, dan unggas 2-3 kali seminggu. 

5. Untuk camilan, pilihlah buah-buahan segar dan sayuran mentah daripada makanan yang tinggi gula, garam, atau lemak. Hindari ngemil yang tidak teratur.

6. Jangan memasak sayuran terlalu lama karena dapat menyebabkan hilangnya gizi penting seperti vitamin dan mineral.

7. Saat menggunakan buah dan sayuran kering atau kalengan, pilih varietas tanpa tambahan gula atau garam.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...