Tingkatkan Kulitas Tidur, Berikut Manfaat Mandi Air Hangat

Image title
25 Oktober 2021, 15:25
Manfaat mandi air hangat.
Pexels.com
Ilustrasi mandi air hangat.

Mandi merupakan kegiatan membersihkan tubuh dari kotoran setelah beraktivitas sehari penuh. Membasuh tubuh dengan air bersih bisa menyegarkan tubuh hingga menghilangkan stres.

Mandi bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti menguyur tubuh dengan gayung, menggunakan pancuran, atau berendam di bak mandi. Di samping itu, Mandi bisa dilakukan dengan air dingin maupun hangat. Tak sedikit orang yang memilih mandi dengan air hangat karena merasa lebih rileks.

Air hangat memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengompres bagian tubuh yang pegal atau nyeri. Lalu, bagaimana manfaat mandi dengan air hangat?

Secara umum, air hangat dapat melancarkan peredaran darah. Ketika diguyur air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia.

Namun, selain hal tersebut, mandi air hangat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Mengutip Medical News Today dan beberapa laman terkait lainnya, berikut manfaat mandi air hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Dalam sebuah studi berjudul “Scientific Evidence-Based Effects of Hydrotherapy on Various System of the Body” pada 2014, ditemukan bahwa mandi air hangat mampu meningkatkan aliran darah pada orang dengan gagal jantung kronis. Hal ini disebabkan karena adanya pelebaran alami pembuluh darah saat terkena suhu tinggi.

Sementara itu, sebuah studi yang dilakukan pada 2012 pernah mengeskplorasi efek perendaman air hangat pada arteriosklerosis (kekauan arteri) yang terjadi ketika arteri di dalam tubuh menjadi kurang fleksibel dan berperan penting dalam menyebabkan tekanan darah tinggi.

Studi tersebut menemukan bahwa peserta yang merendam kaki dan tungkai bawah mereka dalam air hangat selama 30 menit menunjukan penurunan kekakuan arteri.

2. Meningkatkan kesehatan otot dan sendi

Selain meningkatkan aliran darah, mandi air hangat dapat membantu menenangkan sendi yang kaku dan otot yang lelah.

Sebuah studi pada 2017 menyelidiki efek terapi panas dan dingin pada orang dengan osteoartritis (jenis artritis yang terjadi ketika jaringan yang fleksibel pada ujung tulang mengalami keausan) lutut.

Peneliti membagi 96 peserta menjadi tiga kelompok, yakni kelompok kontrol yang menerima pengobatan osteoartritis standar, dan dua kelompok lainnya menerima pengobatan osteoartritis standar dengan terapi panas atau dingin.

Masing-masing kelompok terapi panas dan dingin menerapakan suhu tinggi dan rendah pada lutut mereka dua kali sehari selama tiga minggu.

Di akhir penelitian, kedua kelompok tersebut menunjukan pengurangan rasa sakit dan sedikit peningkatan fungsi lutut. Kendati demikian, hal ini tidak secara signifikan lebih kuat jika dibandingkan dengan yang dialami kelompok kontrol.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat mandi air hangat lainnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan otak. Pada 2018, sebuah studi berjudul “Head-out Immersion in Hot Water Increases Serum BDNF in Healthy Males” dilakukan untuk mengetahui efek perendaman air panas terhadap faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

Penelitian tersebut hanya melibatkan delapan pria yang dibagi menjadi dua kelompok. Keduanya mandi dengan air bersuhu (hangat) 35 derajat celsius dan bersuhu (panas) 42 derajat celsius selama 20 menit.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...