Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa dan Anak

Hidung tersumbat kerap membuat bernapas menjadi tidak nyaman. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan.
Image title
30 Juli 2021, 07:30
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami hidung tersumbat

Cara mengatasi hidung tersumbat nampaknya menjadi hal yang harus Anda pahami terutama saat sedang flu alias pilek. Dalam keadaan demikian, seringkali kita merasa hidung menjadi tersumbat dan berdampak pada sulit bernapas.

Hidung tersumbat ini banyak penyebabnya. Beberapa di antaranya iritasi pada area hidung akibat menghirup polusi udara. Alergi, penyakit pernapasan, dan infeksi juga bisa menjadi penyebab lain dari hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah

Jika Anda merasa hidung tersumbat, jangan panik karena hal tersebut bisa diatasi tanpa perlu ke dokter. Ada setidaknya dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan pernapasan tersebut.

1. Minum obat untuk menghilangkan rasa sakit

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama yakni dengan mengonsumsi obat untuk menghilangkan rasa sakit. Hidung yang tersumbat bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi. Untuk meredakannya Anda butuh obat yang bisa menghilangkan penyakit tersebut. Ada beberapa jenis obat yang bisa dipilih, seperti berikut ini:

Advertisement
  • Obat Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang bisa meredakan alergi serta bisa membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada area pernapasan.

  • Obat Dekongestan

Obat ini memiliki sifat yang bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung. Pembengkakan ini biasanya menyebabkan hidung tersumbat. Ada dua jenis obat dekongestan, dalam bentuk oral yang bisa diminum dan nasal yang disemprotkan ke hidung secara langsung. Bentuk nasal lebih cepat bekerja dibandingkan dengan oral, sehingga menjadi pilihan mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

Kedua pilihan obat di atas meskipun aman, namun tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Anda harus tetap menaati aturan minum dari obat tersebut agar tidak memberikan efek samping yang berisiko.

2. Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan nasal spray dan nasal dekongestan

Selain dengan minum obat, Anda juga bisa mengatasi hidung tersumbat menggunakan nasal spray dan nasal dekongestan. Apa perbedaan dari kedua jenis pengobatan tersebut? Berikut ini penjelasannya:

  • Nasal Spray

Obat semprot hidung ini satu pilihan mengatasi hidung mampet sebelah dengan mudah. Cairan ini bisa disemprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Area di dalam hidung pun menjadi lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Nasal spray ini biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman. Namun jika Anda ingin menggunakan asal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan nasal spray.

  • Nasal Dekongestan

Nasal dekongestan tergolong sebagai obat yang bisa mengurangi pelebaran pada pembulih darah di area hidung. Cara ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang meresahkan. Nasal dekongestan memiliki kandungan Oxymetazoline yang bermanfaat meredakan hidung tersumbat akibat flu, alergi, dan sinusitis.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Gangguan pernapasan hidung terumbat juga bisa dirasakan oleh bayi. Tentu saja hal tersebut membuat bayi menjadi kurang nyaman dan rewel. Para orang tua pasti tidak ingin buah hati kesayangannya merasakan sakit. Ada beberapa cara mengatasinya.

1. Membersihkan ingus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yakni dengan membersihkan ingus dan lendir-lendir di hidung. Jika ingus atau lendir dibiarkan begitu saja, lama kelamaan bisa mengeras dan mengakibatkan saluran pernapasan terganggu.

Karena masih bayi, ketika membersihkan lendir tersebut harus secara hati-hati. Anda bisa menggunakan cutton bud yang kecil dan lembut sehingga bayi tidak merasakan kesakitan.

2. Menjaga cairan di dalam tubuh

Saat bayi mengalami hidung tersumbat, salah catu cara mengatasinya yakni dengan memastikan bahwa cairan di dalam tubuhnya selalu aman. Dengan kata lain, bayi tidak mengalami dehidrasi.

Cairan yang cuku akan membuat jaringan pada hidung selalu lembab. Dengan demikian, bayi bisa terhindar dari gangguan pernapasan hidung tersumbat. Bagi bayi yang masih dalam program eksklusif, ibu harus sering memberikan ASI. Namun untuk bayi yang sudah bisa mengkonsumsi air mineral bisa diberikan air putih dalam jumlah yang cukup.

3. Menepuk punggung dengan perlahan

Hal berikutnya yang bisa Anda yakni dengan menepuk punggung bayi dengan perlahan. Letakkan bayi Anda dengan posisi tengkurap, kemudian perlahan tepuk punggung bayi. Cara ini bisa membantu lendir keluar dan membuat hidung terasa lega.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Selain bayi, anak-anak yang usianya 3 sampai 5 tahun juga belum mengerti cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Maka di sinilah peran orang tua dibutuhkan untuk membantu penyembuhan gangguan tersebut. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa Anda lakukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Gunakan uap air hangat

Cara pertama dengan menggunakan uap air hangat yang dipercaya bisa membuka saluran pernapasan dan membuat ingus menjadi encer sehingga mudah dikeluarkan. Anda bisa memberikan uap air hangat kepada anak anda dengan cara mengajak anak anda ke kamar mandi, lalu nyalakan kran air hangat, kemudian tutup pintu kamar mandi selama beberapa menit.

2. Gunakan humidifier

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya bisa dengan menggunakan humidifier. Alat ini bisa digunakan untuk menjaga kelembaban udara yang ada di ruangan tersebut. Dengan kelembaban yang terjaga, maka risiko hidung tersumbat bisa diminimalisir.

3. Ajak anak berjemur

Cara lain yakni dengan mengajak anak Anda berjemur di pagi hari. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, berjemur ternyata bisa menjadi salah satu upaya untuk meringankan pikel dan hidung tersumbat pada anak. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk menghangatkan tubuh si kecil, sehingga anak menjadi tidak mudah terkena flu.

Itulah tiga pilihan cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa anda lakukan. Jika anda sudah melakukan ketiga cara tersebut namun hidung tersumbat pada anak anda tidak kunjung sembuh, maka alangkah baiknya jika anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Jangan lupa juga untuk menjaga vitamin dan nutrisi pada anak, karena menjaga imunitas juga bisa menjadi upaya untuk mengatasi hidung tersumbat dari dalam.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Menggunakan Bahan Alami

Selain dengan menggunakan obat-obatan dan terapi uap, anda juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa pilihan bahan alami yang ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hidung mampet sebelah. Berikut penjelasannya.

1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih adalah dua bumbu dapur yang harus selalu ada dalam sebuah masakan. Namun siapa sangka jika bumbu dapur ini ternyata bisa menjadi obat alami untuk mengatasi hidung tersumbat. Untuk memanfaatkan kebaikan bawang putih, anda bisa merebus dua sampai tiga siung bawang putih kemudian air rebusannya diminum. Sedangkan untuk menggunakan bawang merah, anda bisa mengupas bawang merah dan menghirup alomanya. Selain mudah dan murah, obat ini juga cukup efektif untuk mengatasi hidung yang tersumbat dan membuat pernapasan menjadi lebih lega.

2. Lemon

Buah dengan rasa masam ini ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa memanfaatkan lemon dengan cara mencampurkan air lemon sebanyak kurang lebih 2 sendok makan, kemudian tambahkan setengah sendok teh lada hitam dan sedikit garam. Hirup campuan tersebut selama beberapa menit agar hidung anda tidak lagi tersumbat. Kandungan vitamin c yang ada di dalamnya juga baik untuk menjaga imunitas tubuh.

3. Cuka apel

Biasanya bahan yang satu ini dimanfaatkan untuk perawatan kulit terutama kulit yang berjerawat. Namun ternyata, cuka apel juga bisa digunakan untuk merdakan hidung yang tersumbat. Cara alami ini bisa anda lakukan dengan mencampurkan kurang lebih 2 sendok teh cuka apel dengan satu gelas air hangat. Lalu minum campuran tersebut setidaknya tiga kali sehari. Jika dirasa terlalu masam, anda bisa menambahkan madu.

4. Tomat

Tomat juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Namun tomat yang digunakan bukan tomat utuh, melainkan tomat yang sudah dijus. Senyawa yang ada di dalam tomat ternyata memiliki sifat anti peradangan yang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung yang mampet.

Anda bisa menyampurkan satu sendok bawang putih dan garam sebanyak satu sendok teh dalam jus tomat. Kemudian minum minimal dua kali sehari untuk bisa menyembuhkan hidung tersumbat secara maksimal.

Itulah beberapa pilihan cara mengatasi hidung mampet sebelah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan di atas sangat mudah untuk dijumpai dan harganya pun relatif murah. Anda bisa menggunakan cara tersebut dengan frekuensi yang wajar agar tidak memberikan efek samping yang justru akan merugikan.

Jika sudah menggunakan cara-cara di atas namun hidung tersumbat anda tidak kunjung sembuh. Maka lebih baik untuk memerikasakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan. Selain itu, dengan periksa ke dokter akan mengetahui penyebab dari hidung tersumbat yang anda derita.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait