Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Orang Dewasa dan Anak

Siti Nur Aeni
30 Juli 2021, 07:30
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak
pixabay.com
Ilustrasi seseorang yang mengalami hidung tersumbat

Cara mengatasi hidung tersumbat nampaknya menjadi hal yang harus Anda pahami terutama saat sedang flu alias pilek. Dalam keadaan demikian, seringkali kita merasa hidung menjadi tersumbat dan berdampak pada sulit bernapas.

Hidung tersumbat ini banyak penyebabnya. Beberapa di antaranya iritasi pada area hidung akibat menghirup polusi udara. Alergi, penyakit pernapasan, dan infeksi juga bisa menjadi penyebab lain dari hidung tersumbat.

Advertisement

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah

Jika Anda merasa hidung tersumbat, jangan panik karena hal tersebut bisa diatasi tanpa perlu ke dokter. Ada setidaknya dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan pernapasan tersebut.

1. Minum obat untuk menghilangkan rasa sakit

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama yakni dengan mengonsumsi obat untuk menghilangkan rasa sakit. Hidung yang tersumbat bisa disebabkan oleh alergi atau infeksi. Untuk meredakannya Anda butuh obat yang bisa menghilangkan penyakit tersebut. Ada beberapa jenis obat yang bisa dipilih, seperti berikut ini:

  • Obat Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang bisa meredakan alergi serta bisa membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada area pernapasan.

  • Obat Dekongestan

Obat ini memiliki sifat yang bisa membantu mengurangi pembengkakan di hidung. Pembengkakan ini biasanya menyebabkan hidung tersumbat. Ada dua jenis obat dekongestan, dalam bentuk oral yang bisa diminum dan nasal yang disemprotkan ke hidung secara langsung. Bentuk nasal lebih cepat bekerja dibandingkan dengan oral, sehingga menjadi pilihan mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

Kedua pilihan obat di atas meskipun aman, namun tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Anda harus tetap menaati aturan minum dari obat tersebut agar tidak memberikan efek samping yang berisiko.

2. Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan nasal spray dan nasal dekongestan

Selain dengan minum obat, Anda juga bisa mengatasi hidung tersumbat menggunakan nasal spray dan nasal dekongestan. Apa perbedaan dari kedua jenis pengobatan tersebut? Berikut ini penjelasannya:

  • Nasal Spray

Obat semprot hidung ini satu pilihan mengatasi hidung mampet sebelah dengan mudah. Cairan ini bisa disemprotkan langsung ke bagian dalam area hidung. Area di dalam hidung pun menjadi lembab dan lendir yang menyumbat menjadi lebih encer sehingga mudah keluar dan membuat hidung tidak tersumbat lagi.

Nasal spray ini biasanya terbuat dari larutan garam dan tergolong aman. Namun jika Anda ingin menggunakan asal spray tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu terlebih dahulu keamanan dari penggunaan nasal spray.

  • Nasal Dekongestan

Nasal dekongestan tergolong sebagai obat yang bisa mengurangi pelebaran pada pembulih darah di area hidung. Cara ini bisa menjadi upaya untuk mengurangi gejala hidung tersumbat yang meresahkan. Nasal dekongestan memiliki kandungan Oxymetazoline yang bermanfaat meredakan hidung tersumbat akibat flu, alergi, dan sinusitis.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Gangguan pernapasan hidung terumbat juga bisa dirasakan oleh bayi. Tentu saja hal tersebut membuat bayi menjadi kurang nyaman dan rewel. Para orang tua pasti tidak ingin buah hati kesayangannya merasakan sakit. Ada beberapa cara mengatasinya.

1. Membersihkan ingus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yakni dengan membersihkan ingus dan lendir-lendir di hidung. Jika ingus atau lendir dibiarkan begitu saja, lama kelamaan bisa mengeras dan mengakibatkan saluran pernapasan terganggu.

Karena masih bayi, ketika membersihkan lendir tersebut harus secara hati-hati. Anda bisa menggunakan cutton bud yang kecil dan lembut sehingga bayi tidak merasakan kesakitan.

2. Menjaga cairan di dalam tubuh

Saat bayi mengalami hidung tersumbat, salah catu cara mengatasinya yakni dengan memastikan bahwa cairan di dalam tubuhnya selalu aman. Dengan kata lain, bayi tidak mengalami dehidrasi.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement