Internet Adalah Jaringan Komputer, Ini Pengertian dan Sejarahnya

Image title
24 Januari 2022, 17:43
internet adalah
pixabay.com
Seseorang mengetik dalam komputer

Kehidupan manusia modern tidak bisa dilepaskan dengan jaringan internet. Sebab, internet adalah suatu sistem jaringan yang dapat menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite. Selain komputer, saat ini internet juga bisa menghubungkan berbagai macam gawai dan melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Advertisement

Keberadaan internet memungkinkan seseorang dapat mencari informasi yang dia inginkan. Misalnya mencari berita terbaru atau mengakses layanan streaming untuk menonton serial drama favoritnya. Hal tersebut berkaitan juga dengan pengertian internet adalah sebuah jaringan komunikasi global yang terbuka.

Internet adalah salah satu bukti dari kecanggihan teknologi. Internet bisa memberikan dampak positif ataupun negatif tergantung pada penggunanya. Internet sudah menjadi komponen utama yang menyokong aktivitas masyarakat modern sekarang.

Lebih lanjut berikut rangkuman tentang pengertian internet menurut para ahli hingga manfaat dari internet. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Internet

Secara harfiah pengertian internet adalah kumpulan komputer di seluruh dunia yang terhubung ke dalam sebuah jaringan. Internet bisa dianalogikan sebagai perpustakaan besar yang memuat beragam macam informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit.

Sementara itu, menurut tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi Onno W. Purbo, internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang bisa berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi.

Menurut Allan, dikutip dari platform pendidikan dan pelajaran Qubisa.com, internet adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai kemampuan membaca sekaligus menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

Pendapat lain mengemukakan kalau internet adalah bagian dari jaringan komputer. Merujuk dari buku Cara Mudah Membangun Jaringan Komputer & Internet, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komponen, perangkat, dan jaringan lainnya yang bekerjasama untuk tujuan yang sama. Contoh kecilnya yaitu saat sebuah komputer bisa terhubung dengan perangkat elektronik lainnya secara bersamaan seperti printer, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.

Dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2017) yang diterbitkan oleh Kemendikbud, istilah internet adalah berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Jika dilihat dari kata per kata, pengertian internet adalah sebuah jaringan antara atau penghubung. Definisi sederhananya, internet merupakan jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP.

Internet menyediakan segala informasi. Semuanya bisa diakses oleh setiap orang. Bentuknya berupa tulisan, gambar, serta format multimedia lainnya. Keberadaan internet juga tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan sejarah komputer. Sebab, dari komputer generasi pertama sampai sekarang, semua komponen mesinnya menginspirasi lahirnya internet.

Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan kalau internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer ke seluruh dunia. Di dalamnya, para pengguna bisa mencari informasi tentang berbagai hal yang dia inginkan.

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Fungsi internet adalah menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Cakupan jaringannya begitu luas hingga ke berbagai belahan dunia.

Dikenal sebagai jaringan teknologi terbesar di dunia, semua orang bisa mengirimkan dan mengakses berbagai macam informasi menggunakan standar Protokol Internet (IP). Hal tersebut semakin dipermudah dengan kehadiran layanan jaringan world wide web (www).

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement