Ikigue Nuswantara, Usaha Mencapai Kesejahteraan Diri

Image title
Oleh Tim Redaksi
25 Februari 2022, 16:22
Ikigue Nuswantara, Usaha Mencapai Kesejahteraan Diri
Katadata | Ajeng Nindias

Februari jadi salah satu bulan yang dinanti sebab terdapat hari kasih sayang yang dirayakan setiap tanggal 14. Sejak awal bulan hingga menjelang hari valentin, ajakan untuk merayakannya bersama orang terdekat disiarkan di media.

Hari kasih sayang pun jadi selebrasi tahunan industri. Produk dengan label valentine dapat dilihat dengan mudah di toko, pusat perbelanjaan, atau mal.

Di tengah situasi itu, Ikigue Nuswantara justru memaknai ulang hari valentin di Festival Cinta yang berlangsung Sabtu (19/02) lalu. Peserta festival diajak mencintai diri sendiri saat hari kasih sayang. Mereka belajar mengenal diri lewat sesi yang dibuat untuk menyelaraskan badan, pikiran, dan jiwa.  

Menurut Lidia Wati, Festival Cinta merupakan acara besar kedua yang dibuat Ikigue Nuswantara setelah YogArt tahun lalu. Psikolog yang juga penggagas Ikigue Nuswantara ini mengatakan kegiatan selanjutnya yakni kompetisi dan penghargaan video pendek kategori film dan stand up comedy. “Baru ada tiga acara karena Ikigue Nuswantara baru terbentuk akhir tahun lalu sekitar bulan November,” ujarnya.

Lidia menjelaskan, nama Ikigue Nuswantara diambil dari kata ikigai, nilai dalam filosofi Jepang yang dapat membuat orang berumur panjang. “Tapi kami mau lebih ke ke diri sendiri. Apa sih yang bisa kita lakukan dengan diri kita sendiri. Jadi pakai Ikigue. Kalau Nuswantara berhubungan dengan kayanya budaya negara kita. Jadi ingin membawa proud bahwa kita memiliki modal untuk sejahtera,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...