5 Manfaat Serum untuk Kulit Beserta Jenisnya

Image title
8 April 2022, 11:56
Ilustrasi penggunaan serum untuk kulit. Beragam manfaat serum didapatkan melalui pemakaian rutin
Pexels/KoolShooters
Ilustrasi penggunaan serum untuk kulit. Beragam manfaat serum didapatkan melalui pemakaian rutin

Serum merupakan produk kecantikan yang dapat digunakan di wajah, badan, maupun rambut. Serum dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan bahan dasar pembuatnya, yaitu serum berbahan dasar air (water-based) dan minyak (oil-based).

Serum dirancang untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit. Mengutip Lorealparisusa.com, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap. Bahan aktif serum antara lain asam hialuronat, asam glikolat, dan vitamin C.

Penggunaan serum biasanya dilakukan sebelum pelembap. Ini karena serum biasanya lebih ringan dan mengandung molekul yang sangat kecil, sehingga dapat diserap secara instan dan efektif ke dalam kulit. Sedangkan pelembab cenderung lebih kental.

Mengoleskan serum terlebih dahulu juga dapat mempermudah menyerap bahan aktif. Dalam rutinitas perawatan kulit, pelembab biasanya digunakan terakhir. Rutin menggunakan serum membawa banyak manfaat untuk kulit.

Berikut sejumlah manfaat serum untuk kulit.

1. Mengurangi bintik hitam

Serum dapat mengurangi bintik hitam yang muncul di kulit. Bintik hitam bisa disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau perubahan hormonal. Paparan sinar UV dari matahari dapat mempercepat produksi melanin sehingga menyebabkan bintik hitam.

Molekul serum yang kecil dan cepat menyerap ke dalam kulit bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam. Melansir American Academy of Dermatology (AAD), bahan aktif serum yang baik untuk mengurangi bintik hitam yaitu:

  • Vitamin C.
  • Asam azelaic (azelaic acid).
  • Asam glikolat (glycolic acid).
  • Asam kojic (kojic acid).
  • Retinoid.

2. Menyehatkan kulit

Serum bertekstur ringan karena memiliki molekul yang lebih kecil serta bahan-bahan konsentrasi tinggi yang dirancang untuk menembus, memperbaiki dan menutrisi kulit. Serum dapat digunakan sendiri atau beserta pelembab untuk membantu melindungi tingkat hidrasi kulit. Hidrasi adalah salah satu komponen utama dalam menjaga kesehatan kulit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...