7 Ide Ngabuburit Menjelang Berbuka Puasa

Dwi Latifatul Fajri
8 April 2022, 13:59
Ilustrasi, pengunjung menanti waktu berbuka puasa di Sky Deck Sarinah, Jakarta. Kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi baru bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menanti waktu berbuka puasa atau ngabuburit bersama keluarga dan kerabat.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ilustrasi, pengunjung menanti waktu berbuka puasa di Sky Deck Sarinah, Jakarta. Kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi baru bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk menanti waktu berbuka puasa atau ngabuburit bersama keluarga dan kerabat.

Kegiatan ngabuburit dilakukan oleh umat muslim sambil menunggu buka puasa. Aktivitas ngabuburit dilakukan di sore hari seperti berjalan-jalan, membeli makanan, atau melakukan hal santai di rumah.

Ngabuburit bisa disebut aktivitas santai menunggu buka puasa. Di Indonesia, ngabuburti masuk dalam tradisi selama Ramadhan. Contohnya anak muda yang menghabiskan waktu membeli makan takjil.

Pengertian Ngabuburit

Kata ngabuburit menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata burit artinya sore hari. Arti ngabuburit dalam kata kerja adalah suatu tindakan, keberadaan, dan pengalaman.

Menurut KBBI, pengertian ngabuburit adalah menunggu adzan magrib menjelang berbuka puasa ketika bulan Ramadan. Contoh ngabuburit yaitu, kelompok anak muda berjalan-jalan di pasar untuk membeli takjil dan hidangan lain untuk berbuka puasa.

Kata ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda. Kata ngabuburit dalam bahasa Sunda terdiri dari dua komponen. Pertama kata 'Nga' sebagai imbuhan di kata awal. Kedua kata burit' dalam bahasa Indonesia artinya menjelang adzan magrib, waktu sore, atau senja.

Jika disimpulkan, ngabuburit merupakan waktu menunggu buka puasa. Menurut Kamus Bahasa Sunda, kata ngabuburit berasal dari kalimat "ngalantung ngadagoan burit". Dalam bahasa Indonesia artinya bersantai-sambil menunggu waktu sore.

Mengutip dari serangkota.go.id, istilah ngabuburit digunakan pemuda di kota Bandung tahun 80-an. Ketika itu, anak muda mengadakan acara musik dan diberi nama ngabuburit.

Acara musik tersebut dilakukan sebelum buka puasa. Kemudian kata ngabuburit menjadi tren di berbagai kalangan. Ngabuburit menjadi tren untuk aktivitas positif sebelum berbuka puasa.

Ide Ngabuburit

Umat muslim di bulan ramadhan melakukan berbagai aktivitas. Menjelang berbuka puasa, ada berbagai kegiatan untuk mengisi waktu ngabuburit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...